Kamis, 21 September 2017

Jet Rusia Terbang Berjarak 6 Meter dari Pesawat AS di Laut Hitam

Sabtu, 13 Mei 2017 14:07
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Washington(MedanPunya) Sebuah jet tempur Rusia terdeteksi terbang dalam jarak dekat dengan pesawat militer milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Insiden ini terjadi di atas Laut Hitam pada pekan ini.

Dituturkan juru bicara Angkatan Laut AS, Kapten Pamela Kunze, jet Rusia jenis Su-27 mengudara hanya dalam jarak 6 meter dengan pesawat anti-kapal selam P-8A Poseidon pada Selasa (9/5) lalu.

Pesawat militer AS itu sedang melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional. Kunze menyebut manuver jet Rusia masih tergolong aman.

"Interaksi itu berlangsung selama 65 menit dan dianggap masih aman dan profesional oleh komandan misi P-8A," terang Kunze dalam pernyataannya.

Interaksi di udara semacam ini cukup sering terjadi di wilayah udara internasional. Jet tempur Rusia terkadang mengudara bersisian dengan pesawat pengintai AS, baik di sekitar Laut Baltik dan wilayah lain dekat Rusia.

"Sebagian besar interaksi tergolong aman dan profesional," tegas Kunze.

Secara terpisah, seorang pejabat pertahanan AS menuturkan bahwa jet tempur Rusia itu dipersenjatai enam rudal udara-ke-udara dan sang pilot sempat mengambil foto pesawat AS selama terbang berdekatan.

Sedangkan Kementerian Pertahanan Rusia menyebut interaksi itu bertujuan untuk 'menyapa'. "Jet tempur Rusia melakukan manuver 'menyapa'. Setelah itu, pesawat pengintai AS mengubah rute terbang menjauhi perbatasan Rusia," terang Kementerian Pertahanan Rusia.***dtc/mpc/bs

Dibaca 116 Kali