Sabtu, 18 November 2017

Wanita Arab Boleh Nyetir, Keputusan Bersejarah Raja Salman

Rabu, 27 September 2017 12:23
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Riyadh(MedanPunya) Wanita di Arab Saudi bisa bernapas lega. Mereka yang selama ini dilarang menyetir akhirnya diperbolehkan oleh kerajaan. Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud pun dielu-elukan.

Gubernur wilayah Asir yang juga salah satu anggota keluarga kerajaan Pangeran Faisal bin Khalid Abdulaziz, mengatakan keputusan ini adalah salah satu keputusan bersejarah yang memungkinkan wanita bisa menyetir pertama kali sejak Kerajaan Arab Saudi berdiri tahun 1932 lalu.

"Pangeran Faisal bin Khalid memuji keputusan ini sebagai langkah penting untuk meningkatkan ekonomi dan pengembangan," demikian pernyataan Pangeran Faisal.

Pangeran Faisal dalam sebuah wawancara pernah menyatakan bahwa dirinya tidak meragukan kemampuan para wanita dalam menyetir.

"Saya sampaikan pandangan pemimpin kami soal perempuan. Jangan memusingkan soal wanita berkendara yang tidak diragukan lagi akan segera diperbolehkan. Saya ingin para perempuan menjadi penggerak masyarakat," ujarnya memuji peran wanita.

Anggota kerajaan lainnya Pangeran Alwaleed bin Talal pernah menulis di blognya kalau wanita seharusnya dibiarkan menyetir sendiri. Melarang wanita menyetir sama saja melanggar hak mereka dan membuat ekonomi masyarakat lebih berat karena wanita susah untuk bepergian sendiri ke tempat kerja.***dtc/mpc/bs

Dibaca 59 Kali