Sabtu, 18 November 2017

Mayoritas Penduduk Australia Setuju Legalisasi Pernikahan Sejenis

Rabu, 15 November 2017 11:13
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Melbourne(MedanPunya) Kemenangan kubu 'ya' dalam pemungutan suara untuk melegalkan pernikahan sesama jenis di Australia disambut oleh masyarakat.

Badan Statistik Australia telah menyebarkan kertas pemilihan selama dua bulan untuk memilih 'ya' dan 'tidak' terkait legalisasi pernikahan sejenis. Hasilnya, sebanyak 61,6 persen penduduk Australia menyetujui pernikahan sejenis.

Lebih dari 12,7 juta warga Australia atau 79,5 persen dari seluruh populasi mengambil bagian dalam voting.

Perayaan, nyanyian, dan air mata memenuhi seluruh jalan di Melbourne. Ini merupakan awal dari kampanye yang lama untuk mengizinkan pernikahan sesama jenis di Australia.

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull mengatakan, pemerintah akan melegalisasi pernikahan sejenis itu sebelum Natal.

"Mereka memberi suara 'yes' untuk keadilan, komitmen, dan cinta. Kini saatnya kami di Parlemen Australia untuk meneruskannya," katanya.

Para pejabat pemerintah diharapkan mulai membahas seacra spesifik undang-undang pernikahan sesama jenis pada pekan ini.

Sebelumnya, kelompok LGBT di Australia mengecam penyelenggaran voting nasional untuk melegalkan pernikahan sesama jenis. Mereka khawatir voting itu dapat memecah belah masyarakat.

Namun, bendera pelangi justru memenuhi jalan-jalan ketika pemungutan suara itu memenangkan kubu 'ya'.

Penduduk Australia telah lama memperjuangkan legalisasi pernikahan sejenis. Tapi pemerintah terus mempertahankan definisi pernikahan secara tradisional di dalam hukum.

Pada 2015, tekanan terus menghantui pemerintah untuk mengambil tindakan hingga mantan Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengumumkan voting nasional tersebut.***kps/mpc/bs

Dibaca 31 Kali