Rabu, 17 Januari 2018

Kucurkan Puluhan Juta US$, Miliarder AS Kampanye Gulingkan Trump

Selasa, 09 Januari 2018 13:08
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Washington(MedanPunya) Seorang miliarder Amerika Serikat meningkatkan kampanyenya untuk melengserkan Presiden Donald Trump. Dia pun akan menyuntikkan dana US$ 30 juta untuk upaya Partai Demokrat menguasai kembali Kongres AS.

Tom Steyer (60), telah menghabiskan dana puluhan juta dolar AS untuk kampanye politik dan penjangkauan pemilih akar rumput sejak tahun 2016. Membantah apa yang diperkirakan sejumlah pengamat, dia menyatakan tak akan mencalonkan diri untuk posisi apapun tahun ini.

Steyer justru akan fokus untuk memobilisasi para pemilih muda dan merebut kursi-kursi Partai Republik sehingga DPR kembali dikuasai Demokrat. Dikatakan Steyer, dirinya punya tujuan utama lainnya.

"Tugas saya adalah menggulingkan Donald Trump dari jabatan," kata Steyer.

"2018 adalah pertempuran untuk jiwa negara ini. Karena itulah saya masuk," imbuh miliarder yang juga aktivis dan pemerhati lingkungan hidup itu.

Tahun lalu, Steyer memulai Need to Impeach, kampanye yang menyerukan warga Amerika untuk mengajukan petisi ke para anggota Kongres agar memakzulkan Trump.

Kampanye yang dimulai pada Oktober 2017 itu, kini telah mendapatkan 4,1 juta tanda tangan. Kampanye itu dimulai dengan iklan di sebuah televisi kabel senilai jutaan dolar AS.

Steyer mengatakan, dirinya kini berniat memperluas kampanye pemakzulan Trump untuk melibatkan para pemilih muda AS guna mencapai hasil yang sama ketika pemilihan parlemen November lalu, saat puluhan politikus Republik tersingkir dari jabatannya.

Kampanye baru yang diberi nama NextGen Rising ini, dimaksudkan untuk menjangkau lebih dari 3 juta pemilih kaum muda. Disebut-sebut ini akan menjadi upaya pemilih muda terbesar dalam sejarah AS.

"Saya bersedia melakukan apapun yang diperlukan untuk membantu menyelamatkan negara kita," tutur Steyer.***dtc/mpc/bs

Dibaca 72 Kali