Pengusaha Ikan Medan Mengadu ke Dewan

Medan(MedanPunya.Com) Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Ekspor Impor Ikan Sumatera Utara dan Kota Medan mengadukan ke DPRD Sumut perihal tertahannya sebanyak 67 kontainer ikan impor di Pelabuhan Belawan.

"Sebanyak 67 kontainer ikan impor sudah tiga minggu tertahan dan tidak bisa dibongkar di Pelabuhan Belawan," ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Ekspor Impor Ikan Sumatera Utara, M Gultom ketika diterima Komisi B DPRD Sumut di gedung Dewan di Medan, Selasa (22/3).

Turut hadir pada kesempatan itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Ekspor Impor Ikan Kota Medan Poltak Tampubolon serta sejumlah pengusaha lainnya. Mereka diterima Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut, Guntur Manurung dan anggota S Halawa, L Sinukaban dan Andi Arba.

Ikan impor tersebut tidak diizinkan dibongkar sesuai instruksi Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad ketika berkunjung ke Belawan, Sabtu (19/3). Menteri bahkan menginstruksikan agar ikan-ikan tersebut direekspor.

Alasannya, ikan impor senilai lebih kurang Rp17 miliar`itu tidak menenuhi sejumlah ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan yang Masuk Ke Dalam Wilayah Republik Indonesia, di antaranya menyangkut kelengkapan surat penetapan instalasi karantina.

M Gulton sendiri mengakui ikan impor sebanyak 67 kontainer itu tidak dilengkapi surat dimaksud, karena selama belasan tahun tidak pernah ada masalah dengan hal itu.

"Selama ini kami tidak mengetahui keberadaan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan itu, karena memang tidak pernah disosialisasikan. Kami bahkan merasa seolah-olah ada pengkondisian terhadap masalah ini sehubungan dengan kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan ke Medan," katanya.

Sehubungan dengan itu, Asosiasi Ekspor Impor Ikan Sumut dan Kota Medan berharap ikan impor tersebut tetap dizinkan untuk dibongkar agar pengusaha tidak dirugikan. "Kami berharap sekali ini tetap diizinkan. Ke depannya kami akan penuhi semua ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan itu. Kami minta Komisi B dapat menjembataninya," ujar Poltak Tampubolon.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut Guntur Manurung mengatakan, pihaknya akan mencoba mengklarifikasi persoalan itu ke Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut.

Komisi B DPRD Sumut juga berjanji akan melakukan peninjauan ke lapangan. "Kalau memang harus melalui menteri, tidak tertutup kemungkinan kita juga akan menemui Menteri Kelautan dan Perikanan agar pengusaha tidak sampai dirugikan," kata politisi Partai Demokrat itu.

Pada kesempatan itu Guntur Manurung juga mengingatkan para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Ekspor Impor Ikan untuk dapat memperhatikan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 17 Tahun 2010. "Ke depan kita harapkan agar tidak ada lagi masalah seperti ini," katanya.***mpc-mdn/ann/Rep1

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]