Pengusaha Ikan Medan Mengadu ke Dewan

Medan(MedanPunya.Com) Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Ekspor Impor Ikan Sumatera Utara dan Kota Medan mengadukan ke DPRD Sumut perihal tertahannya sebanyak 67 kontainer ikan impor di Pelabuhan Belawan.

"Sebanyak 67 kontainer ikan impor sudah tiga minggu tertahan dan tidak bisa dibongkar di Pelabuhan Belawan," ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Ekspor Impor Ikan Sumatera Utara, M Gultom ketika diterima Komisi B DPRD Sumut di gedung Dewan di Medan, Selasa (22/3).

Turut hadir pada kesempatan itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Ekspor Impor Ikan Kota Medan Poltak Tampubolon serta sejumlah pengusaha lainnya. Mereka diterima Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut, Guntur Manurung dan anggota S Halawa, L Sinukaban dan Andi Arba.

Ikan impor tersebut tidak diizinkan dibongkar sesuai instruksi Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad ketika berkunjung ke Belawan, Sabtu (19/3). Menteri bahkan menginstruksikan agar ikan-ikan tersebut direekspor.

Alasannya, ikan impor senilai lebih kurang Rp17 miliar`itu tidak menenuhi sejumlah ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan yang Masuk Ke Dalam Wilayah Republik Indonesia, di antaranya menyangkut kelengkapan surat penetapan instalasi karantina.

M Gulton sendiri mengakui ikan impor sebanyak 67 kontainer itu tidak dilengkapi surat dimaksud, karena selama belasan tahun tidak pernah ada masalah dengan hal itu.

"Selama ini kami tidak mengetahui keberadaan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan itu, karena memang tidak pernah disosialisasikan. Kami bahkan merasa seolah-olah ada pengkondisian terhadap masalah ini sehubungan dengan kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan ke Medan," katanya.

Sehubungan dengan itu, Asosiasi Ekspor Impor Ikan Sumut dan Kota Medan berharap ikan impor tersebut tetap dizinkan untuk dibongkar agar pengusaha tidak dirugikan. "Kami berharap sekali ini tetap diizinkan. Ke depannya kami akan penuhi semua ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan itu. Kami minta Komisi B dapat menjembataninya," ujar Poltak Tampubolon.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut Guntur Manurung mengatakan, pihaknya akan mencoba mengklarifikasi persoalan itu ke Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut.

Komisi B DPRD Sumut juga berjanji akan melakukan peninjauan ke lapangan. "Kalau memang harus melalui menteri, tidak tertutup kemungkinan kita juga akan menemui Menteri Kelautan dan Perikanan agar pengusaha tidak sampai dirugikan," kata politisi Partai Demokrat itu.

Pada kesempatan itu Guntur Manurung juga mengingatkan para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Ekspor Impor Ikan untuk dapat memperhatikan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 17 Tahun 2010. "Ke depan kita harapkan agar tidak ada lagi masalah seperti ini," katanya.***mpc-mdn/ann/Rep1

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

MedanPunya.Com- Awal tahun lalu dunia hiburan Hollywood sempat dihebohkan dengan daftar 36 pria yang pernah berhubungan seks dengan Lindsay Lohan

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

MedanPunya.Com - Masalah kesehatan yang dihadapi aktor Robin Williams sebelum meninggal bukan cuma gangguan bipolar dan riwayat operasi jantung. Sang

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Kurikulum 2013 Ditolak FSGI, Kemendikbud: Perubahan Butuh Proses

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak penerapan Kurikulum 2013 sebagai sistem pendidikan di sekolah. Kemendikbud mengatakan perubahan memerlukan proses.

"Itu perlu proses. Perubahan itu tidak bisa 100 persen, justru aneh kalau bisa langsung 100 persen," ujar staf khus [ ... ]

 

Musik

SM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul AlbumSM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul Album

MedanPunya.Com - SM Entertainment kembali jadi juara untuk desain sampul album artis-artisnya. Tak hanya satu, total delapan desain sampul album menang di ajang Red Hot Design Award 2014, Jerman.

Ini memang bukan kali pertama manajemen artis seperti EXO dan SNSD itu memenangkan penghargaan untuk desa [ ... ]

 

Teknologi

Prediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia PunahPrediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia Punah

MedanPunya.Com - Para ilmuwan percaya jika manusia akan mengalami kepunahan sekali lagi dalam waktu dekat. Namun kali ini tidak akan terjadi karena hantaman asteroid.

Manusia akan punah karena hasil dari kejahatan yang dilakukannya terhadap lingkungan. Pasalnya, perubahan iklim yang terjadi akan memu [ ... ]