Keluarga sulit Kenali Korban Terbakar Lapas Tanjung Gusta

Medan(MedanPunya.Com) Tiga narapidana dan dua sipir dari Lembaga Permasyarakatan (LP) Tanjung Gusta Medan dievakuasi ke Instalasi Jenazah Rumah Sakit Umum (RSUD) dr Pirngadi Medan, Jumat (12/7) pukul 04.50 Wib. Dari lima jenazah, empat diantaranya hangus terbakar hampir di seluruh tubuh, sehingga sulit untuk dikenali oleh pihak keluarga.

Seorang keluarga korban, DE Situngkir, 76 mengaku tidak bisa mengenali lagi fisik keponakannya, mereka hanya dapat mengenali korban dari kartu identitas di kantong celana belakang.

"Sudah tidak bisa dikenali lagi. Sudah terbakar seluruh badannya. Cuma KTP di kantong celana sebagai pertanda kalau itu Bona," ujar paman dari Kasi Registrasi LP Tanjung Gusta Bona Hotman Situngkir, 38, salah satu korban kerusuhan yang menyebabkan kebakaran di LP Tanjung Gusta, Kamis (11/7).  

“Mungkin dia terjebak. Kalau mau keluar Lapas (LP) api sudah membesar, kalau lari ke tempat tahanan, sudah rusuh. Si Bona ini memang harus jaga di situ. Karena dia yang mencatat nama-nama napi yang masuk dan keluar,” ungkapnya seraya menangis.

Menurutnya, Bona memiliki kepribadian yang baik terhadap semua orang termasuk kepada warga binaan LP Tanjung Gusta. Karenanya keluarga yakin Bona terbakar karena terjebak, bukan karena dipukuli oleh warga binaan LP. Seperti yang diungkap kepolisian, jenazah Bona ditemukan dalam kamar mandi bersama dengan rekannya Hendra Rico Naibaho, 25.

Selain Bona dan Rico, satu korban lagi yang bisa dikenali adalah jenazah Ng Hui Tan, 48. Warga Tionghoa yang masuk bui lantaran kasus narkotika ini menjadi Tamping atau Tahanan Pendamping di LP Tanjung Gusta dan jenazahnya sudah dibawa oleh keluarganya.

Berdasarkan keterangan forensik, warga Jalan Selam Medan Denai ini awalnya dirawat di RSU Bina Kasih lantaran diperkirakan masih bernyawa. Namun akhirnya dia tewas akibat luka bakar di sekujur tubuh.

Kepala Instalasi Jenazah RSUD dr Pirngadi Medan Surjit Singh mengungkapkan, seluruh korban mengalami luka bakar berat.

“Rata-rata semua korban tewas akibat luka bakar 100 persen  dengan derajat 5 hingga 6. Sementara satu diantaranya, bernama Nghui Tan, masih dapat dikenali karena mengalami luka bakar 100 persen dengan derajat 3,” terang Surjit.

N Panjaitan, isteri tahanan pendamping, Yohannes Situmorang, masih kenal dengan suaminya yang terbakar.

"Saya kenal dari baju dan wajahnya," kata Panjaitan yang didampingi mertuanya.

Menurut Panjaitan, suaminya ditahan akibat terlibat dalam pembunuhan. Ia berharap pemerintah mau membantu biaya hidup lima anaknya.***trb/mpc/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

MedanPunya.Com- Awal tahun lalu dunia hiburan Hollywood sempat dihebohkan dengan daftar 36 pria yang pernah berhubungan seks dengan Lindsay Lohan

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

MedanPunya.Com - Masalah kesehatan yang dihadapi aktor Robin Williams sebelum meninggal bukan cuma gangguan bipolar dan riwayat operasi jantung. Sang

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Kurikulum 2013 Ditolak FSGI, Kemendikbud: Perubahan Butuh Proses

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak penerapan Kurikulum 2013 sebagai sistem pendidikan di sekolah. Kemendikbud mengatakan perubahan memerlukan proses.

"Itu perlu proses. Perubahan itu tidak bisa 100 persen, justru aneh kalau bisa langsung 100 persen," ujar staf khus [ ... ]

 

Musik

SM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul AlbumSM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul Album

MedanPunya.Com - SM Entertainment kembali jadi juara untuk desain sampul album artis-artisnya. Tak hanya satu, total delapan desain sampul album menang di ajang Red Hot Design Award 2014, Jerman.

Ini memang bukan kali pertama manajemen artis seperti EXO dan SNSD itu memenangkan penghargaan untuk desa [ ... ]

 

Teknologi

Prediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia PunahPrediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia Punah

MedanPunya.Com - Para ilmuwan percaya jika manusia akan mengalami kepunahan sekali lagi dalam waktu dekat. Namun kali ini tidak akan terjadi karena hantaman asteroid.

Manusia akan punah karena hasil dari kejahatan yang dilakukannya terhadap lingkungan. Pasalnya, perubahan iklim yang terjadi akan memu [ ... ]