Kamis, 23 November 2017

Sudah Lapor Presiden, Wagub Sumut Minta Keseriusan Investor China

Jum'at, 19 Mei 2017 12:00
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Medan(MedanPunya) Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait rencana investasi yang akan ditanam Sunrise Investment Group.

Sebelumnya calon investor ini sudah tiga kali berkunjung ke kantor gubernur untuk menyampaikan niatnya berinvestasi. Beberapa sektor investasi yang akan dilakukan seperti pembangunan pembangkit listrik di Sicanang Belawan, pembangunan industri di Kuala Tanjung, pembangunan jalan tol hingga pembangunan rumah sakit di Medan.

“Saya sudah sampaikan rencana investasi ini kepada Bapak Presiden, menteri ESDM, menteri kemaritiman juga menteri koordinator perekonomian. Bapak Presiden sangat mengharapkan Pemprov Sumut mempercepat pembangunan hub internasional Kuala Tanjung dengan pihak Pelindo dan investor. Makanya kita sangat menginginkan keseriusan dari para pihak investor,” kata Nurhajizah.

Pemerintah Provinsi Sumut, lanjut dia, membuka peluang selebar-lebarnya kepada investor asing yang mau menanamkan investasinya di Sumut, termasuk investor asal China. Pemprov Sumut sudah memberikan kemudahan dengan mengeluarkan rekomendasi usaha maka para investor juga harus menunjukkan keseriusannya untuk berinvestasi.

“Kami akan segera mengeluarkan rekomendasi usaha, tapi kita minta keseriusan dari pihak investor untuk jadwal pembangunan yang akan dilakukan sehingga kami juga akan lebih mudah melakukan koordinasi kepada pemerintah pusat, bahkan membantu investor dalam proses perizinan di pusat,” ujarnya pihak Sunrise Investment Group yang diwakili Direktur Frank Wong, Direktur Adil Anwar, dan Konsultan Ardjan Leo.

“Pembangunan yang mana yang akan dimulai, silahkan saja. Bisa pembangunan pembangkit listrik dulu, atau pembangunan industri di Kuala Tanjung. Kita harap pembangunan dapat dimulai dengan peletakan batu pertamanya segera dilaksanakan,” jelas Nurhajizah.

Terkait surat rekomendasi yang diminta investor, dia memastikan dalam satu minggu ini suratnya sudah dapat diterima. “Akan segera kita keluarkan, paling lama seminggu ini, kami juga butuh berkoordinasi dengan Pak Gubernur Sumut,” bilangnya.

Nurhajizah meminta kepada pihak investor jika surat rekomendasi untuk mengurus perizinan ke pemerintah pusat sudah dikeluarkan, maka pihak investor harus segera mengurus perizinan ke pusat paling lambat sebulan setelah surat rekomendasi dikeluarkan.

“Kita berterima kasih karena pihak investor China mau berinvestasi di sini, kita akan segera mengeluarkan surat rekomendasi untuk pembangkit listrik di Sicanang dan pembangunan di Kuala Tanjung. Kami meminta kesungguhannya dengan segera mengurus persetujuan usaha dari pemerintah pusat. Dengan begitu kita dapat langsung bekerja,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Direktur Sunrise Investment Group, Frank Wong mengatakan pihaknya bersungguh-sungguh untuk berinvestasi.

“Kami bersungguh-sungguh menanamkan investasi di sini. Kami tidak sendiri, kami tergabung di 22 negara yakni ASEAN, Taiwan dan Makao. Kami tidak hanya perusahaan negara tapi juga swasta, perusahaan di grup ini mendukung kami untuk menjajaki proyek yang bisa dikerjasamakan di Sumut,” papar Frank.

Wong bilang, untuk pembangunan awal pihaknya akan melakukan lebih dulu pembangunan pembangkit listrik di Sicanang, Belawan. "Kami masih terkendala untuk pengurusan izin dan koordinasi dari PLN. Tapi kalau sudah keluar rekomendasi dari gubernur, kami akan mempercepat pembangunannya,” ucap Frank menyakinkan.***kps/mpc/bs

Dibaca 147 Kali