Jum'at, 15 Desember 2017

Kejari Medan Musnahkan Narkoba dan Mesin Jackpot

Rabu, 06 Desember 2017 16:48
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Medan(MedanPunya) Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan memusnahkan sejumlah barang bukti berupa berbagai jenis narkoba dan alat perjudian yang telah memiliki kekuatan hukum tetap di halaman Kantor Kejari Medan, Jalan Adinegoro pada Rabu (6/12).

Pemusnahan barang bukti itu dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Medan Olopan Nainggolan dengan disaksikan oleh perwakilan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut, Polrestabes Medan serta PN Medan.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Medan, Parada Situmorang menyebutkan pemusnahan barang bukti ini dilakukan untuk perkara narkotika berjumlah 329 perkara dan perkara perjudian dengan 42 perkara.

"Untuk perkara narkoba terdiri dari sabu-sabu seberat 1.578,79 gram, ganja kering seberat 7.731 gram dan Pil MDMA berjumlah 138 gram," kata Parada.

Lebih lanjut, Parada menjelaskan pemusnahan barang bukti yang mereka lakukan ini merupakan agenda rutin dan akan digelar setiap tiga bulan sekali terhadap barang hasil kejahatan yang tentunya telah berstatus hukum tetap.

"Untuk yang hari ini merupakan barang bukti sejak bulan Juni 2017 hingga Agustus 2017," terang Parada.

Pemusnahan barang bukti narkotika berupa sabu dan pil dilakukan dengan cara dites oleh Labfor Polrestabes Medan sebelum akhirnya diblender dengan campuran air.

Sedangkan pemusnahan untuk barang bukti berupa ganja kering dan mesin judi jackpot, kartu dan ponsel dilakukan dengan cara dibakar.

"Kenapa sedikit yang dimusnahkan? karena barang bukti ini hanya yang disisihkan dari penyidik Polri dan BNN yang diserahkan ke kita untuk ke pengadilan. Jadi barang bukti yang banyak itu sudah dimusnahkan penyidik," terang Parada.***trb/mpc/bs

Dibaca 38 Kali