Jum'at, 15 Desember 2017

Nelayan Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi

Kamis, 07 Desember 2017 14:35
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Medan(MedanPunya) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mengimbau kepada semua nelayan di Sumatera Utara-Aceh untuk tetap berhati-hati saat mencari ikan di tengah laut.

Berdasarkan pengamatan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, ada enam kawasan yang dimungkinkan dilanda gelombang tinggi.

"Menurut pemantauan stasiun meteorologi maritim Belawan, ketinggian gelombang di beberapa perairan Sumatera Utara dan Aceh bisa mencapai 2,5 meter. Namun, kondisi cuaca di tengah laut relatif berawan," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Kamis (7/12).

Syahnan mengatakan, adapun wilayah yang bakal diterjang gelombang tinggi sekitar 2,5 meter yakni Selat Malaka bagian Utara, perairan Sabang-Banda Aceh, perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, perairan Kepulauan Nias-Sibolga, dan Samudera Hindia Barat Kepulauan Nias. Adapun perairan yang dianggap aman saat melaut yakni perairan Lokhseumawe, Selat Bagian Tengah, dan perairan Riau.

"Perairan yang dianggap aman saat melaut tadi dimaksudkan karena gelombang hanya setinggi 0,75 meter. Namun, nelayan harus tetap berhati-hati terhadap perubahan cuaca," katanya.

Ia mengatakan, tekanan angin di masing-masing perairan juga relatif normal. Berdasarkan pemantauan, tekanan dan kecepatan angin hanya 5-15 knot perjam.

"Kami juga memberi catatan pada nelayan, bahwa gelombang maksimum bisa saja terjadi. Dan untuk gelombang maksimum itu tingginya bisa dua kali lipat dari data di atas," katanya.***trb/mpc/bs

Dibaca 41 Kali