Rabu, 17 Januari 2018

Banyak Calon Gubernur Sumut yang Populer, Apakah Bisa Dongkrak Jumlah Pencoblos

Jum'at, 05 Januari 2018 14:58
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Medan(MedanPunya) Munculnya beberapa nama yang meramaikan Balon Gubernur Sumut belakangan hari, menjadi perbincangan hangat masyarakat di media sosial.

Ada mantan Gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, serta nama Pangkostrad Letnan Jenderal Edy Rahmayadi. Keduanya tampak menyita perhatian di kancah nasional.

Namun demikian popularitas para calon akankah mendongkrak angka partisipasi memilih warga Sumut yang hanya mencapai 48 persen di Pilgub 2013 lalu?

Pengamat politik, Arifin Saleh Siregar mengganggap bahwa bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur saat ini belum dapat mendongkrak partisipasi pemilih Sumut yang rendah.

"Jadi saya lihat, calon-calon yang muncul hari ini belum meyakinkan di mata masyarakat karena walaupun saat ini sedang buming. Mereka ini belum terlihat meyakinkan di mata masyarakat Sumut. Masyarakat Sumut masih terlihat cuek," katanya.

Namun, Arifin tidak menampik, apabila dalam waktu kampanye yang tersisa. Para bakal calon dapat meyakinkan masyarakat melalui visi dan misi yang ditawarkan. Suara pemilih pada Pilkada ini akan meningkat.

"Kecuali misalnya dalam 6 bulan ini. Bila para bakal calon yang sudah ada saat ini dapat bisa meyakinkan masyarkat bahwa dia betul-betul peduli sumut dan layak pilih. Saya pikir partisipasi yang rendah pada tahun 2013 tidak akan terjadi lagi. Saya pikir masyarakat akan secara iklas untuk ikut memilih demi kebaikan daerahnya," jelasnya.

Selain figur, Saleh menambahkan cara baru dari KPU Sumut lewat 'Forum Warga Pemilih' menjadi hal yang positif untuk mendongkrak suara para pemilih.

"Saya pikir itu bagus, ini kreativitas KPU Sumut yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Karena memang perlu dilakukan sosialisasi ke TPU yang sepi pemilih. Agar mereka teredukasi," pungkasnya.***trb/mpc/bs

Dibaca 54 Kali