Kamis, 23 November 2017

Frans Loncat dari Heli dan Selamat Berkat Eceng Gondok

Selasa, 13 Oktober 2015 15:28
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Medant(MedanPunya) Fransiskus (22), merupakan satu korban selamat Heli EC 130 yang baru saja ditemukan di Danau Toba. Bagaimana Frans, panggilan akrabnya, bisa selamat setelah 3 hari berada di danau?

Komandan SAR Mission Coordinator (SMC) Heli EC 130, yang juga Deputi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Mayjen Heronimus Guru mengatakan setelah ditemukan tim SAR gabungan, korban  membenarkan namanya adalah Frans.

"Saat ditanya dia bilang namanya Fransiskus," ujar Heronimus, Selasa (13/10).

Menurut Heronimus, Frans bercerita bahwa dia bersama Nurhayanto dan Giyanto melompat keluar dari heli di kawasan Danau Toba.

"Kata Fransiskus, mereka bisa lompat keluar heli," kata Heronimus. Belum diketahui mengapa ketiga penumpang itu meloncat dari heli, namun diduga heli mengalami masalah.

Di Danau Toba yang merupakan danau terluas di Asia Tenggara itu, mereka bertahan di eceng gondok di kawasan Onan Baru. Tumbuhan gulma eceng gondok memang banyak mengapung di danau yang juga merupakan destinasi wisata terkenal itu.

Namun lama-lama Nurhayanto dan Giyanto tidak diketahui lagi keberadaannya. Sementara Frans tetap bertahan di eceng gondok.

Frans kini terbaring di Puskesmas Onan Runggu. Dia pingsan dan dehidrasi.

"Di puskesmas Frans sedang dirawat. Di sana Korem memiliki perlengkapan kesehatan lengkap," tutur Heronimus.***dtc/mpc/bs

 

Dibaca 1018 Kali