Johan Winata Pinjam Perusahaan Ikut Tander Alkes Labusel

Medan(MedanPunya.Com) Terdakwa korupsi Johan Winata dan Johan Tanco ternyata meminjam perusahaan lain untuk ikut tender proyek pengadaan alat-alat kesehatan dan Keluarga Berencana di Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Pemilik CV Cahaya yang memenangkan tender senilai Rp 18 milliar, Fadil Gumarang Harahap, dihadirkan pada persidangan di Pengadilan Tipikor Medan, Senin (16/12).

Fadil mengaku telah meminjamkan perusahaan tersebut kepada Johan Winata, pemilik PT General Medical Suplier yang beralamat di Jalan Sei Sikambing. Mereka mengurus peminjaman perusahaan tersebut ke notaris. Johan dijadikan direktur danĀ  Johan Tanco sebagai Wakil Direktur I. Dalam pengalihan sementara itu, Fadil memutuskan tidak masuk dalam struktur perusahaan.

"Karena saya tidak mau bertanggungjawab atas perbuatan mereka," katanya menjawab pertanyaan majelis hakim yang dipimpin Jonner Manik.

Ia juga mengaku menerima fee Rp 10 juta dari praktik itu. Namun, dalam persidangan Fadil mengoreksi keterangannya dalam Berita Acara Pemeriksaan yang mengatakan bahwa dirinya memberikan berkas perusahaan seperti company profile dan menerima cek langsung dari Johan Winata.

"Sewaktu pemeriksaan saya bilang saya menerimanya di kantor Johan," katanya.

Hakim Jonner Manik pun mengingatkan saksi agar jujur dan mengingatkan bahwa saksi di bawah sumpah. Dalam kasus ini negara diperkirakan merugi Rp 12 milliar.

Penyidik telah menyita barang bukti Alkes kedokteran dan KB yang diduga rekondisi dari empat Puskesmas milik Dinkes Pemkab Labusel, antara lain Puskesmas Tanjung Medan, Kota Pinang, Torgamba, dan Langga Payung, yaitu tiga unit refrigerator centrifuge dan dua unit baby transport.

Dalam kasus ini penyidik telah menetapkan empat tersangka lain, termasuk Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Labusel, Rusman Lubis. Dugaan korupsi ini dilakukan dengan modus menggelembungkan harga.***trb/mpc/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Rumah Ustad Jeffry Al Buchori Terbakar

Rumah Ustad Jeffry Al Buchori Terbakar

MedanPunya.Com - Musibah menimpa keluarga almarhum ustad Jeffry Al Buchori pada pagi dini hari Jumat (20/6). Rumah yang dihuni Umi Pipik dan ketiga

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Pakar Pendidikan Tidak Setuju Sistem UN dan Kurikulum Pendidikan Diubah

Jakarta(MedanPunya.Com) Dalam debat putaran keempat antara cawapres Jusuf Kalla (JK) dan Hatta Rajasa, JK menyatakan akan mengevaluasi sistem pelaksanaan UN. Pakar pendidikan Arief Rachman menilai tidak ada yang perlu diubah dari UN ataupun kurikulum pendidikan itu sendiri karena sudah memenuhi syar [ ... ]

 

Musik

Pemilik Nada Asli "tairway to Heaven" Gugat Led Zeppelin

MedanPunya.Com - Lagu Stairway to Heaven adalah salah satu lagu legendaris milik kelompok Led Zeppelin. Namun, siapa sangka kini grup asal Inggris itu digugat karena dianggap menjiplak beberapa bagian dari lagu tersebut.

Dan yang kini menuntut Jimmy Paige dkk adalah grup band yang namanya mungkin tak [ ... ]

 

Teknologi

BlackBerry Passport Ada Versi PutihnyaBlackBerry Passport Ada Versi Putihnya

MedanPunya.Com - Smartphone BlackBerry "kotak" yang diberi nama BlackBerry Passport akan segera dirilis pada September mendatang. Kabar terbaru, selain warna hitam, BlackBerry juga akan menyediakan unit BlackBerry Passport dalam balutan warna putih

Strategi dengan merilis gadget dengan Warna putih me [ ... ]