Johan Winata Pinjam Perusahaan Ikut Tander Alkes Labusel

Medan(MedanPunya.Com) Terdakwa korupsi Johan Winata dan Johan Tanco ternyata meminjam perusahaan lain untuk ikut tender proyek pengadaan alat-alat kesehatan dan Keluarga Berencana di Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Pemilik CV Cahaya yang memenangkan tender senilai Rp 18 milliar, Fadil Gumarang Harahap, dihadirkan pada persidangan di Pengadilan Tipikor Medan, Senin (16/12).

Fadil mengaku telah meminjamkan perusahaan tersebut kepada Johan Winata, pemilik PT General Medical Suplier yang beralamat di Jalan Sei Sikambing. Mereka mengurus peminjaman perusahaan tersebut ke notaris. Johan dijadikan direktur danĀ  Johan Tanco sebagai Wakil Direktur I. Dalam pengalihan sementara itu, Fadil memutuskan tidak masuk dalam struktur perusahaan.

"Karena saya tidak mau bertanggungjawab atas perbuatan mereka," katanya menjawab pertanyaan majelis hakim yang dipimpin Jonner Manik.

Ia juga mengaku menerima fee Rp 10 juta dari praktik itu. Namun, dalam persidangan Fadil mengoreksi keterangannya dalam Berita Acara Pemeriksaan yang mengatakan bahwa dirinya memberikan berkas perusahaan seperti company profile dan menerima cek langsung dari Johan Winata.

"Sewaktu pemeriksaan saya bilang saya menerimanya di kantor Johan," katanya.

Hakim Jonner Manik pun mengingatkan saksi agar jujur dan mengingatkan bahwa saksi di bawah sumpah. Dalam kasus ini negara diperkirakan merugi Rp 12 milliar.

Penyidik telah menyita barang bukti Alkes kedokteran dan KB yang diduga rekondisi dari empat Puskesmas milik Dinkes Pemkab Labusel, antara lain Puskesmas Tanjung Medan, Kota Pinang, Torgamba, dan Langga Payung, yaitu tiga unit refrigerator centrifuge dan dua unit baby transport.

Dalam kasus ini penyidik telah menetapkan empat tersangka lain, termasuk Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Labusel, Rusman Lubis. Dugaan korupsi ini dilakukan dengan modus menggelembungkan harga.***trb/mpc/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

MedanPunya.Com- Awal tahun lalu dunia hiburan Hollywood sempat dihebohkan dengan daftar 36 pria yang pernah berhubungan seks dengan Lindsay Lohan

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

MedanPunya.Com - Masalah kesehatan yang dihadapi aktor Robin Williams sebelum meninggal bukan cuma gangguan bipolar dan riwayat operasi jantung. Sang

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Kurikulum 2013 Ditolak FSGI, Kemendikbud: Perubahan Butuh Proses

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak penerapan Kurikulum 2013 sebagai sistem pendidikan di sekolah. Kemendikbud mengatakan perubahan memerlukan proses.

"Itu perlu proses. Perubahan itu tidak bisa 100 persen, justru aneh kalau bisa langsung 100 persen," ujar staf khus [ ... ]

 

Musik

SM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul AlbumSM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul Album

MedanPunya.Com - SM Entertainment kembali jadi juara untuk desain sampul album artis-artisnya. Tak hanya satu, total delapan desain sampul album menang di ajang Red Hot Design Award 2014, Jerman.

Ini memang bukan kali pertama manajemen artis seperti EXO dan SNSD itu memenangkan penghargaan untuk desa [ ... ]

 

Teknologi

Prediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia PunahPrediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia Punah

MedanPunya.Com - Para ilmuwan percaya jika manusia akan mengalami kepunahan sekali lagi dalam waktu dekat. Namun kali ini tidak akan terjadi karena hantaman asteroid.

Manusia akan punah karena hasil dari kejahatan yang dilakukannya terhadap lingkungan. Pasalnya, perubahan iklim yang terjadi akan memu [ ... ]