Jumlah Anak Autis di Indonesia Meningkat

Medan(MedanPunya.Com) Jumlah anak yang ditemukan terkena autis akan meningkat. Penyandang autis juga mengkhawatirkan, mengingat sampai saat ini penyebab autis masih misterius dan menjadi bahan perdebatan diantara para ahli dan dokter di dunia.

Mulai tahun 1990-an, terjadi lonjakan penderita autis. Namun belum pernah ada survei mengenai data anak autis di Indonesia. Jika diambil statistik prevalensi, maka secara matematis, jumlah anak autis yang lahir di kota Medan khususnya bisa mencapai 250 orang pertahun.

Pusat Penanganan Autis Terpadu Yayasan Ananda Karsa Mandiri (Yakari), Juni Wati Rusly mengatakan penanganan anak penyandang autis mencapai 500 orang sejak berdirinya Yakari tahun 2000. Namun pemerintah setempat khususnya Dinas Pendidikan Kota Medan maupun provinsi belum ada perhatian kepada anak penyandang autis yang ada di kota Medan.

"Sejauh ini yayasan menggunakan anggaran subsidi silang. Khususnya anak-anak penyandang autis yang kurang mampu tidak dipungut biaya. Anggaran tersebut diambil dari rekan-rekan yang mampu untuk mensubsidi kepada yang tidak mampu," katanya.

Dijelaskannya, autis adalah gangguan yang dipengaruhi oleh multifaktorial. Tetapi sejauh ini masih belum terdapat kejelasan secara pasti mengenai penyebab dan faktor resikonya. Namun strategi pencegahan yang dilakukan masih belum optimal. Sehingga saat ini tujuan pencegahan mungkin hanya sebatas untuk mencegah agar gangguan yang terjadi tidak lebih berat lagi, bukan untuk menghindari kejadian autis.

"Kita harap pemerintah setempat memperhatikan pendidikan terhadap anak bangsa yang menyandang autisme. Ironisnya anak penyandang autis harus di didik secara khusus sehingga memerlukan biaya yang cukup mahal," ujarnya.

Senada juga dikemukakan, Pembina Yakari Letkol A Rusly Purba, pendidikan penyandang autis mahal, sebab satu murid dididik satu guru didalam satu ruang tanpa ada murid yang lainnya.
 
"Ada juga satu murid dengan guru dua orang. Inilah yang membuat pendidikan penyandang autisme itu mahal," jelasnya.

Dalam lingkup keluarga, dijelaskannya, kehadiran anak autistik menyebabkan perubahan yang cukup besar dalam berbagai aspek kehidupan. Orang tua harus memberikan perhatian yang jauh lebih besar kepadanya secara spesial.
 
"Interaksi dan disiplin yang diterapkan harus disesuaikan dengan karakter anak autistik," katanya. Semantara, Wakil ketua DPRD kota Medan Ikrimah Hamidi mengaku bahwa belum adanya perhatian pemerintah terhadap anak penyandang autis tersebut.
 
"Belum pernah ada dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk penyandang autis ini. DPRD Medan berupaya mengusulkan kedepannya agar ada anggaran yang disisihkan untuk masyarakat peyandang autis. Saya tidak berjanji, namun akan diupayakan untuk itu," tegasnya.***Rep2


 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

Roger Ditemukan dalam Mobil di Pulogadung, Jarum Suntik Masih Tertancap

MedanPunya.Com - Artis sinetron Roger Danuarta ditemukan tidak sadarkan diri dalam mobilnya di Jalan Kayu Putih Tengah, Pulogadung, Jakarta Timur,

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Benarkah Jam Sekolah Pagi Ganggu Pencernaan Anak? Mendikbud: Aduh Alasan

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menilai jam masuk anak sekolah di DKI Jakarta telah mengorbankan hak-hak anak, termasuk mengganggu pencernaan. Mendikbud M Nuh menilai itu hanya alasan saja.

"Aduh alasan. Orang FSGI (pihak yang menyatakan bisa mengganggu pencernaan anak) [ ... ]

 

Musik

Queen Pecahkan Rekor Album TerlarisQueen Pecahkan Rekor Album Terlaris

MedanPunya.Com - Queen mencatat sejarah dengan menjadi band pertama di Inggris yang berhasil menjual enam juta kopi album.

Koleksi Greatest Hits pertama mereka meliputi lagu We Will Rock You dan Bohemian Rhapsody.

Official Charts Company mengatakan satu dari tiga rumah tangga di Inggris kini memiliki  [ ... ]

 

Teknologi

Rugi Terus, BlackBerry Mau Berhenti Jualan Ponsel

MedanPunya.Com - BlackBerry terus-menerus mengalami kerugian. Pada tiga bulan yang berlangsung hingga 1 Maret lalu, perusahaan tersebut melaporkan kerugian sebesar 423 juta dollar AS. Kuartal sebelumnya, angka kerugian mencapai 4,4 miliar dollar AS.

Jika kerugian terus terjadi, CEO BlackBerry John Ch [ ... ]