Pusat Rehabilitasi Narkoba Sumut Segera Beroperasi

Medan(MedanPunya.Com) Badan Narkotika Provinsi Sumatera Utara segera mengoperasikan pusat rehabilitasi narkotika psikotropika dan bahan adiktif di Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.

"Memasuki awal tahun 2011 pusat rehabilitasi korban narkoba di Lubuk Pakam sudah bisa digunakan," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Narkotika Provinsi (BNP) Sumatera Utara, Sugiarto, di Medan.

Pusat rehabilitasi korban narkotika psikotropika dan bahan adiktif (narkoba) yang dibangun pada tahun 2007 itu dilengkapi 28 ruang rawat inap dengan total daya tampung 112 orang pasien.

Selain itu, lanjut dia, di pusat rehabilitasi itu juga akan disiapkan beberapa dokter spesialis dan psikolog.

Pembangunan sarana rehabilitasi korban narkoba yang dibangun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumut itu bertujuan membantu proses penyembuhan korban penyalahgunaan narkoba dan psikotropika.

Dia membenarkan biaya yang dikeluarkan untuk merawat dan menyembuhkan pasien korban penyalahgunaan narkoba selama ini relatif besar. Keberadaan pusat rehabilitasi narkoba Lubuk Pakam diharapkan mampu menjadi sarana alternatif bagi para pasien kurang mampu secara ekonomi.

Dia mengatakan bahwa BNP Sumut selaku pengelola pusat rehabilitasi narkoba di Lubuk Pakam telah menjalin kerja sama dengan Pusat Rehabilitas Narkoba Badan Narkotika Nasional (BNN) di Lido Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Dalam kerangka kerja sama itu pasien di pusat rehabilitasi narkoba Lubuk Pakam yang membutuhkan perawatan khusus akan diberi perawatan lebih intensif di Pusat Rehabilitasi Narkoba BNN di Lido Sukabumi.

Badan Narkotika Provinsi Sumut memperkirakan hingga pertengahan tahun 2010 terdapat sekitar 260 ribu orang di provinsi itu yang telah terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Sebagian besar jumlah pengguna narkoba itu merupakan kelompok usia produktif antara 12 dan 40 tahun.

Mencermati cakupan korban penyalahgunaan narkoba tersebut, menurut Sugiarto, program pendidikan dan penyuluhan mengenai bahaya narkoba perlu lebih gencar disosialisasikan. Program sosialisasi bertujuan agar masyarakat, termasuk generasi muda, tidak mudah terjerumus sebagai pengguna maupun pengedar narkoba.

"Kalangan orang tua hendaknya juga turut serta mengajarkan kepada anak-anak mereka tentang bahaya narkoba secara detail agar terhindar dari bahaya narkoba dan tidak terjerumus sebagai pengguna ataupun pemakai," katanya menambahkan.***mpc-medan/ann/Rep1

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Rumah Ustad Jeffry Al Buchori Terbakar

Rumah Ustad Jeffry Al Buchori Terbakar

MedanPunya.Com - Musibah menimpa keluarga almarhum ustad Jeffry Al Buchori pada pagi dini hari Jumat (20/6). Rumah yang dihuni Umi Pipik dan ketiga

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

Pelawak Jojon Meninggal Dunia

MedanPunya.Com - Dunia hiburan Indonesia kehilangan salah satu pelawak terbaiknya. Djuhri Masdjan atau yang lebih dikenal sebagai Jojon meninggal

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Pakar Pendidikan Tidak Setuju Sistem UN dan Kurikulum Pendidikan Diubah

Jakarta(MedanPunya.Com) Dalam debat putaran keempat antara cawapres Jusuf Kalla (JK) dan Hatta Rajasa, JK menyatakan akan mengevaluasi sistem pelaksanaan UN. Pakar pendidikan Arief Rachman menilai tidak ada yang perlu diubah dari UN ataupun kurikulum pendidikan itu sendiri karena sudah memenuhi syar [ ... ]

 

Musik

Pemilik Nada Asli "tairway to Heaven" Gugat Led Zeppelin

MedanPunya.Com - Lagu Stairway to Heaven adalah salah satu lagu legendaris milik kelompok Led Zeppelin. Namun, siapa sangka kini grup asal Inggris itu digugat karena dianggap menjiplak beberapa bagian dari lagu tersebut.

Dan yang kini menuntut Jimmy Paige dkk adalah grup band yang namanya mungkin tak [ ... ]

 

Teknologi

Hacker Gempur Jutaan Situs Israel

MedanPunya.Com - Para peretas mengutuk serangan Israel ke Gaza. Sebagai bentuk balasan, jutaan serangan pun dilancarkan dedemit maya terhadap situs Israel.

Pasca memanasnya situasi di Gaza, muncul kampanye #OpSaveGaza yang digalakkan oleh hacker anti Israel di internet.

Kampanye ini tak cuma digerakka [ ... ]