Pinggiran Sungai Batang Gadis Rawan Banjir

Medan(MedanPunya.Com) Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara membenarkan bahwa kawasan di sepanjang pinggiran daerah aliran Sungai Batang Gadis rawan terjadi banjir.

"Daerah pinggiran Sungai Batang Gadis memang rawan banjir, terutama saat intensitas curah hujan tinggi seperti beberapa hari terakhir ini," kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal Taufik Lubis.

Taufik dikonfirmasi hal itu berkaitan dengan musibah banjir yang melanda sebagian wilayah Mandailing Natal baru-baru ini, di antaranya di sekitar Kecamatan Siabu, Natal dan Batang Natal.

Menurut dia, salah satu kawasan di sekitar daerah aliran Sungai (DAS) Batang Gadis yang relatif rawan dan bahkan menjadi "langganan" banjir adalah di kawasan muara sungai itu atau di sekitar Desa Kampung Sawah dan Desa Balimbing.

Kedua desa itu terletak di sekitar muara Sungai Batang Gadis yang kini mengalami pendangkalan akibat erosi dan kerap longsor.

Pada saat curah hujan relatif banyak di hulu sungai dan gelombang pasang tinggi di pantai barat Sumatera Utara (Sumut), kedua desa di Kecamatan Natal itu dan wilayah disekitarnya kerap terendam banjir.

Tinggi air banjir yang merendam kawasan pesisir itu bisa mencapai setinggi pinggang orang dewasa.

"Khusus kepada warga yang bermukim di pesisir Kecamatan Natal, kami sebenarnya sudah sering menganjurkan mereka agar pindah ke tempat yang lebih aman," ujarnya.

Namun anjuran tersebut hingga kini nyaris belum dipatuhi oleh seratusan lebih kepala keluarga yang selama ini umumnya tinggal di atas rumah panggung..

Selain DAS Batang Gadis, kemungkinan musibah banjir juga rawan terjadi di beberapa cabang anak sungai tersebut, di antaranya Sungai Sulangaling.

Asisten Direktur Divisi Pendidikan Yayasan Ekosistem Lestari Tatang Komoro Yudha kepada pers, belum lama ini menyebutkan bahwa kerusakan di kawasan hulu Sungai Batang Gadis menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di DAS Batang Gadis dan Sulangaling.

Dia memperkirakan sedikitnya ada enam desa di sekitar kedua sungai itu yang juga tergolong rawan banjir, antara lain Desa Rantau Panjang, Lubuk Kapondong I, Lubuk Kapondong II, Saleh Baru, Tabilang dan Manuncang.

"Sebenarnya di atas desa-desa yang pernah dilanda banjir itu masuk wilayah Taman Nasional Batang Gadis, tetapi jika berjalan ke arah hutan dari Desa Muara Batang Angkola di Kecamatan Siabu hingga Singkuang (Ibu kota Kecamatan Muara Batang Gadis-red) terdapat banyak perkampungan" ujarnya.

Banjir bandang juga pernah melanda DAS Muara Batang Gadis sekitar dua tahun lalu dan mengakibatkan beberapa orang penduduk tewas.

Dari analisa lapangan tim lembaga swadaya masyarakat (LSM) itu, bencana banjir bandang disebabkan di hulu DAS Muara Batang Gadis terjadi penumpukan air dan kemudian tumpah ke kawasan pemukiman warga di sepanjang pinggir sungai tersebut.***mpc/ann/bs

 

Film

 

Otomotif

 

Infotainment

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

Lindsay Lohan Buka Suara soal 36 Pria yang Pernah Hubungan Seks Dengannya

MedanPunya.Com- Awal tahun lalu dunia hiburan Hollywood sempat dihebohkan dengan daftar 36 pria yang pernah berhubungan seks dengan Lindsay Lohan

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

Terungkap, Robin Williams Mengidap Tahap Awal Parkinson Saat Meninggal

MedanPunya.Com - Masalah kesehatan yang dihadapi aktor Robin Williams sebelum meninggal bukan cuma gangguan bipolar dan riwayat operasi jantung. Sang

 

Gaya Hidup

Kontrol Emosi Rendah Picu Orang Berpendidikan Baik Bisa Jadi Pembunuh

MedanPunya.Com - Pendidikan formal baik yang didapat seseorang tidak menjamin orang tersebut akan berperilaku baik. Berkaca dari kasus pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto (19), yang dilakukan oleh Hafiz (19) dan Assyifa Ramadhani (19), mantan kekasih dan teman SMA tega melakukan aksi keji.

"Kalau ora [ ... ]

 

Pendidikan

Kurikulum 2013 Ditolak FSGI, Kemendikbud: Perubahan Butuh Proses

Jakarta(MedanPunya.Com) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menolak penerapan Kurikulum 2013 sebagai sistem pendidikan di sekolah. Kemendikbud mengatakan perubahan memerlukan proses.

"Itu perlu proses. Perubahan itu tidak bisa 100 persen, justru aneh kalau bisa langsung 100 persen," ujar staf khus [ ... ]

 

Musik

SM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul AlbumSM Entertainment Menang 8 Penghargaan untuk Desain Sampul Album

MedanPunya.Com - SM Entertainment kembali jadi juara untuk desain sampul album artis-artisnya. Tak hanya satu, total delapan desain sampul album menang di ajang Red Hot Design Award 2014, Jerman.

Ini memang bukan kali pertama manajemen artis seperti EXO dan SNSD itu memenangkan penghargaan untuk desa [ ... ]

 

Teknologi

Prediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia PunahPrediksi Ilmuan: Tikus Kuasai Dunia, Manusia Punah

MedanPunya.Com - Para ilmuwan percaya jika manusia akan mengalami kepunahan sekali lagi dalam waktu dekat. Namun kali ini tidak akan terjadi karena hantaman asteroid.

Manusia akan punah karena hasil dari kejahatan yang dilakukannya terhadap lingkungan. Pasalnya, perubahan iklim yang terjadi akan memu [ ... ]