Rabu, 18 Oktober 2017

Pelatih Chile Mundur Usai Gagal ke Piala Dunia

Rabu, 11 Oktober 2017 16:11
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Sao Paulo(MedanPunya) Timnas Chile gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Sebagai bentuk tanggung jawab, sang pelatih Juan Antonio Pizzi pun memilih mundur.

Chile tersingkir dari persaingan menuju Rusia tahun depan usai kalah 0-3 dari Brasil di laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL, Rabu (11/10) pagi WIB. La Roja cuma finis posisi keenam dengan 26 poin, kalah selisih gol dari Peru yang ada di urutan kelima alias batas akhir zona Play-off.

Kekecewaan tentunya untuk Chile mengingat mereka mengawali kualifikasi dengan mantap termasuk mengalahkan Brasil. Apalagi Chile berstatus sebagai juara Copa America dalam dua edisi terakhir.

Rakyat Chile pun berduka karena tak bisa menyaksikan aksi Alexis Sanchez, Arturo Vidal, dan Claudio Bravo di Piala Dunia. Sebagai bentuk tanggung jawab, Pizzi pun memilih mundur dari kursi kepelatihan.

"Seperti yang saya katakan pekan lalu soal masa depan saya, maka dengan situasi ini kontra saya pun berakhir," ujar Pizzi.

"Bagiku seperti itu, meski tangung hawab dan keputusan ada di tangan direktur, kami tetap harus bicara dan mengevaluasi apa yang mereka inginkan untuk tim, mencoba mencari opsi terbaik," sambungnya.

"Dari beberapa pilihan yang ada, saya memutuskan mundur."

Pizzi mengambil alih Chile dari Jorge Sampaoli pada Januari 2016. Dia berhasil membawa timnya menjuarai Copa America Centenario musim panas tahun lalu dengan mengalahkan Argentina di final.

Selama memegang Chile, Pizzi punya rekor 11 kemenangan, enam seri, dan 11 kekalahan dengan rasio kemenangan 39,29 persen.

"Saya adalah yang memilih pemain, sistem, dan untuk itu semua, saya memastikan bahwa saya adalah bertanggung jawab," tegas Pizzi.***mpc/bs

Dibaca 47 Kali