Jum'at, 24 November 2017

Inggris Uji Coba Lawan Jerman dan Brasil, Klopp: Tak Perlulah Dibesar-besarkan

Rabu, 08 November 2017 12:47
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Liverpool(MedanPunya) Inggris menghadapi dua laga ujicoba besar melawan Jerman dan Brasil. Juergen Klopp berharap media Inggris kalem saja dan tak membesar-besarkannya.

Inggris akan menantang dua tim teratas di peringkat FIFA, Jerman dan Brasil dalam sepekan ke depan. Tim 'Tiga Singa' akan lebih dulu menghadapi Jerman di Wembley, Sabtu (11/11) dinihari WIB, sebelum kemudian menjajal Brasil pada Rabu (15/11) pekan depan.

Meski statusnya cuma ujicoba, ada antusiasme besar di Inggris terkait ujicoba ini mengingat level lawan yang top. Setelah kampanye Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang berakhir amat positif --Inggris tak terkalahkan di 10 pertandingan dengan 8 kemenangan--, publik Inggris berharap tim kesayangan mereka bisa terus membangun momentum menuju turnamen sesungguhnya di Rusia tahun depan.

Tapi Klopp percaya seharusnya Inggris, terutama medianya, menciptakan suasana tenang dan kalem saat ini, sebelum putaran final. Bahkan pria Jerman yang menukangi Liverpool itu menilai ada semacam kesalahan dari Inggris menunjuk Jerman dan Brasil sebagai lawan, mempertimbangkan kehebohan berlebih yang selalu dihadirkan media-medianya.

"Kalau Anda mau memainkan laga persahabatan, Anda seharusnya memilih tim selain Jerman. Dan Brasil itu yang kedua, itu sungguh lucu," ungkap Klopp.

"Semua jurnalis perlu kalem dan tak berharap terlalu banyak. Bukannya mereka tak bisa menang, tentu saja. Tapi kalian terlalu membesar-besarkannya kalau mereka menang dan terlalu membesar-besarkannya kalau mereka kalah."

"Ketika kualifikasi berakhir, orang-orang bilang sekarang masalah-masalahnya dimulai karena turnamen sesungguhnya menjelang. Jadi, Inggris punya sekumpulan pemain muda yang fantastis, begitulah keadaannya."

"Saya tak tahu bagaimana Jerman akan menyusun pemain, tapi ini pastinya laga yang sangat bagus. Tapi saya takkan bilang bahwa ini seharusnya jadi sebuah tanda untuk ke depannya," imbuhnya.

Inggris lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah memuncaki Grup F kualifikasi zona Eropa. Mereka memetik 26 poin dalam kampanye tersebut, unggul delapan poin dari Slovakia di posisi dua, yang tak berhasil masuk delapan tim runner-up terbaik untuk ikut play-off.***mpc/bs

Dibaca 33 Kali