Jum'at, 15 Desember 2017

Jokowi: ASEAN Harus Bermanfaat bagi Rakyat Asia Tenggara

Jum'at, 11 Agustus 2017 14:34
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Jakarta(MedanPunya) Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) genap berusia 50 tahun saat ini. Presiden Joko Widodo berharap organisasi ini benar-benar bermanfaat bagi rakyat yang ada di wilayah Asia Tenggara.

"Di bidang ekonomi, ASEAN harus semakin relevan, harus semakin bermanfaat dalam menjawab berbagai tantangan di tengah melemahnya laju perekonomian global," ujar Jokowi di Sekretariat ASEAN, Jl Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

Integrasi ekonomi ASEAN harus mampu membawa manfaat bagi masyarakat. Tak hanya di tingkat atas, level UMKM pun harus mendapatkan manfaat.

"Sementara di banyak kawasan muncul berbagai konflik, ASEAN telah mampu mengelola kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan yang stabil. Sementara di banyak negara atau kawasan beradu kekuatan untuk menyelesaikan masalah, maka ASEAN menyelesaikan masalah dengan cara-cara dialog dan negosiasi," tutur Jokowi.

ASEAN dideklarasikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967. Seiring dengan waktu yang berjalan, anggota ASEAN terus bertambah dan kini ada 10 anggota.

"Untuk itu, menjadi tugas kita bersama para penerus ASEAN untuk tetap menjaga agar ASEAN bermanfaat bagi rakyat ASEAN," kata Jokowi.***dtc/mpc/bs

Dibaca 108 Kali