Minggu, 19 Agustus 2018

Sofyan dan Jamilah Kembali Dinyatakan Gagal Ikuti Pilkada, Begini Pernyataan KPU Deliserdang

Rabu, 07 Februari 2018 14:59
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Lubukpakam(MedanPunya) Harapan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang, Sofyan Nasution dan Jamilah untuk bertarung di Pilkada 2018 kembali kandas.

Hal ini lantaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deliserdang telah menyatakan kalau berkas syarat pencalonan mereka Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Komisioner KPU Deliserdang, Bobby Indra Prayoga mengatakan kalau pihaknya sudah melakukan rapat pleno mengenai hasil verifikasi administrasi. Disebut berdasarkan penelitian dan pencocokan dukungan masih banyak terdapat kekurangan jumlah minimal.

"Tadi malam kami plenokan dan hasilnya Tidak Memenuhi Syarat. Ya belum bisalah berarti ditetapkan untuk menjadi calon," ujar Bobby.

Diketahui kalau sebelumnya ketika dilakukan penghitungan ulang jumlah dukungan Sofyan dan Jamilah jumlahnya mencapai 184.560 dukungan. Setelah dilakukan penelitian administrasi yang Memenuhi Syarat (MS) hanya 102.354 dan yang TMS 82.206.

Setelah dimasukkan ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang MS hanya 69.239. Untuk dapat ditetapkan Sofyan dan Jamilah harus mempunya dukungan sebanyak 87.496. Karena belum mencapai 87.496 ini KPU pun tidak dapat menindaklanjuti dukungan untuk kemudian dilakukan verifikasi faktual.

Pada 21 Januari lalu, pasangan Sofyan dan Jamilah ini sebelumnya juga sempat dinyatakan gagal oleh KPU untuk mengikuti Pilkada.

Saat itu KPU menganggap setelah dilakukan penghitungan jumlah perbaikan kekurangan jumlahnya Tidak Memenuhi Syarat.

Karena hal ini Bapaslon ini pun kemudian mengajukan permohonan sengketa proses pemilihan ke Panwaslih Deliserdang. Dari perkara itu kemudian Panwaslih pun memutuskan agar dilakukan penghitungan ulang jumlah perbaikan kekurangan dukungan.***trb/mpc/bs

Dibaca 149 Kali