Jum'at, 22 Jun 2018

Jalinsum Semakin Amblas, Kepala BBPJN Wilayah I Sumut: Masih Mencari Ahli Tanah

Selasa, 13 Maret 2018 15:26
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Sipirok(MedanPunya) Ruas jalan kurang lebih sepanjang 1 Km tepatnya di daerah Batu Jomba, Kampung Bulu Payung, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan kian hari memburuk.

Aspal jalan terkelupas, tanah liat keras bergelombang campur lumpur dan berparit menjadi hal yang tidak mengenakkan bagi para pengendara seperti terpantau, Selasa (13/3).

Menyikapi persoalan jalan rusak di sepanjang Perbatasan Antara Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dengan Tapanuli Utara (Taput), Kepala Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumut I Paul Siahaan menyampaikan, untuk memperbaiki jalan tersebut harus memikirkan beberapa faktor.

Disebutnya, Sejumlah tempat seperti Desa Si Jomba dan Aek Latong sukit untuk diselesaikan.

"Benar sekali, jalan di sana rusak parah. Soalany itu berada di daerah patahan. Jawabanya tidak bisa selesai sebentar," sebutnya dengan nada berguyon.

Hingga saat ini, kata Paul mereka hanya bisa menagangi jalan dari standard pemeliharaan. Menurutnya, bila pindah jalur harus mempertimbangkan berbagai faktor.

Paul menuturkan, daerah tersebut gamoang amblas. Disinggung bagaimana solusinya, Paul menjawab sedang memikirkan dan mendiskusiikannya dengan ahli tanah Indonesia  indonesia.

"Kalau pindah jalur, berat sekali pertanggungjawabannya. Daerahnya susah soalnya,"tambahnya. Kami akan cari ahli tanah,"ucapnya.

Disinggung soal relokasi, menurut Paul harus mempertimbangkan faktor lain seperti pembebasan lahan. Kemudian memikirkan resiko, apabila dibuka jalan baru, harus benar-benar memperhatikan apakah jalan baru yang dibuka bebas dari patahan.

"Keputusannya memang belum ada. Paling banyak usulannya relokasi. Namun, sampai bsaat ini masih mencari tempat yg baik, supaya nanti jagan sampai ketemu patahan yang baru," ujarnya.***trb/mpc/bs












Dibaca 121 Kali