Minggu, 22 Juli 2018

KPA Sumut Sosialisasikan Perlindungan Anak

Jum'at, 13 April 2018 15:32
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Medan(MedanPunya) Lembaga perlindungan anak (LPA) Sumut gencar melakukan sosialisasi ke beberapa daerah di Sumatera Utara. Sosialisasi yang dilakukan LPA untuk memberantas kasus kekerasan terhadap anak.

Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Sumatera Utara, Muniruddin Ritonga mengatakan, menyambut baik atas pelaksanaan acara Sosialisasi Perlindungan Anak di Kabupaten Deliserdang yang diikuti bersama kelurah dan Kepala Desa oleh pemkab Deliserdang, melalui Dinas Pengendalian Penduduk, KB, pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Deli Serdang pada 11 April 2018 lalu.

"Kami terus melakukan sosialisasi tentang perlindungan anak, dan beberapa waktu lalu kami melaksanakannya di Budaya Resto Tanjungmorawa. Program ini cukup baik yang mana memberikan semangat dan inpirasi buat daerah lain," ujarnya, Jumat (13/4).

"Maraknya kasus kekerasan terhadap anak dan pelanggaran terhadap hak hak dasar anak di Sumatera Utara bisa menekan persoalan yang menimpa generasi bangsa kita saat ini. Melalui program ini pastinya Tingkat pengetahuan Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Deli Serdang terkait perlindungan anak diharapkan semakin meningkat. Disamping itu harapan kita khususnya setiap desa dan kelurahan se-Deliserdang bisa menindaklanjuti dan melaksanakan sosialisasi perlindungan anak daerahnya masing-masing, melalui education inilah kita harapkan akan lahir kepedulian terhadap anak dan bisa menekan tingkat pelanggaran dan kekerasan terhadap anak," tambahnya.

Melalui sosialisasi ke beberapa daerah, LPA Sumut akan menerapkan bagaimana perlindungan anak yang telah diatur oleh undang-undang.

Dengan Adanya Permendes PDTT RI No 19 Tahun 2017 memberikan peluang kepada setiap desa untuk mengalokasikan dana desa untuk kegiatan perlindungan anak di desa.

"Oleh karena itulah kita Berterima kasih kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat desa, Kabupaten Deliserdang, Drs H Citra Efendi Capah M.SP yang mana telah memberikan perhatian dan Dukungan kepada Program perlindungan anak di Kabupaten Deliserdang," kata Munir.

Maraknya Kasus Kekerasan dan pelanggaran terhadap hak-hak dasar anak di kabupaten Deli Serdang dan Sumatera Utara pada umumnya seyogianya sudah harus dilawan dengan gerakan massif dan sistemik seperti yang sudah di laksanakan oleh Pemkab Deliserdang.

Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Se-Sumatera Utara khususnya Kabupaten Deliserdang, LPA Sumut berharap lahirnya lembaga yang konsen di bidang anak Seperti Lembaga Perlindungan anak desa atau dengan sebutan lain.

Dengan lahirnya lembaga perlindungan anak desa di desa dengan sendirinya sesuai amanah Permendes No 19 Tahun 2017 dana desa tersebut, memungkinankan untuk di tampung dalam APBDes berkelanjutan.***trb/mpc/bs




Dibaca 95 Kali