Sabtu, 21 Juli 2018

China Tawarkan Visa 10 Tahun Bagi Orang yang Sangat Berbakat

Sabtu, 06 Januari 2018 12:03
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Beijing(MedanPunya) Cina mengeluarkan visa jangka panjang untuk membujuk orang dengan ketrampilan tinggi dari luar negeri untuk bekerja di negaranya.

Visa yang diterbitkan adalah multi-entry yang bisa digunakan untuk keluar masuk Cina dalam kurun waktu lima dan 10 tahun, menurut media pemerintah.

Pakar teknologi, pengusaha dan saintis dari sektor yang diminati merupakan mereka yang dapat mengajukan permohonan visa tersebut.

Cina telah menetapkan capaian pembangunan ekonomi dan sosial, dan memikirkan untuk merekrut para ahli dari luar negeri untuk mencapai targetnya.

Ketika rencana skema itu pertama dipertimbangkan, Cina mengatakan setidaknya 50.000 orang asing akan merasakan manfaatnya.

Para permohonan visa dapat dilakukan secara online, bebas biaya dan akan diproses dengan cepat, jelas pemerintah Cina.

Pemegang visa akan diizinkan untuk tetap berada di negara tersebut selama lebih dari 180 hari, dan dapat membawa pasangan dan anak-anaknya.

Pada 2016 lalu Cina memperkenalkan sistem peringkat untuk pekerja asing, dengan tujuan untuk mengidentifikasikan ketrampilan yang paling diminati ketika negara itu menurunkan jumlah orang asing dengan memiliki ketrampilan rendah.

Menurut sebuah dokumen yang dirilis pada saat itu, mereka yang disebut sebagai "orang asing sangat berbakat" termasuk pemenang Nobel, atlet Olimpiade dan sutradara "perguruan tinggi seni dan seni musik terkemuka di dunia".

Ilmuwan terkemuka, kepala institusi keuangan besar dan profesor dari "universitas di luar negeri dengan peringkat tinggi" juga memenuhi kriteria dalam aturan tersebut.***dtc/mpc/bs

Dibaca 241 Kali