Minggu, 19 Agustus 2018

Pertama Kali Injakkan Kaki di Korsel, Ini Kata Adik Kim Jong Un

Senin, 12 Februari 2018 12:33
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Seoul(MedanPunya) Kunjungan Kim Yo-Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un, ke Seoul, Korea Selatan (Korsel) merupakan yang pertama kali dalam hidupnya. Kim Yo-Jong pun memiliki komentar khusus untuk Seoul.

"Ini tidak terasa tidak familier," ucap Kim Yo-jong saat ditanya bagaimana perasaannya soal Seoul. Dia menjawab pertanyaan Gubernur Provinsi Gangwon, Choi Moon-Soon, yang juga hadir dalam acara makan malam bersama.

Acara makan malam itu digelar oleh Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon, secara khusus untuk menjamu delegasi tinggi Korut. Makan malam digelar pada Sabtu (10/2) akhir pekan kemarin di Gangneung.

Siang harinya, Kim Yo-Jong bersama Kim Yong-Nam, pemimpin simbolis Korut dan pemimpin delegasi Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, menghadiri pertemuan dan makan siang bersama Presiden Moon Jae-In di Istana Kepresidenan Korsel atau Blue House di Seoul.

Kunjungan Kim Yo-Jong ini menjadi yang pertama bagi anggota Dinasti Kim untuk mendatangi langsung Blue House. Kim Yo-Jong juga menjadi yang pertama dari anggota Dinasti Kim di Korut yang berkunjung ke Korsel sejak perang Korea diakhiri dengan gencatan senjata tahun 1953 silam.

Kim Yo-Jong dan Kim Yong-Nam bersama delegasi tinggi Korut lainnya tiba di Incheon pada Jumat (9/2) lalu. Dari Incheon, rombongan dibawa ke Pyeongchang, lokasi Olimpiade, dengan kereta peluru khusus. Mereka hadir dalam rangka Olimpiade Musim Dingin.

Dalam kunjungannya ke Korsel, Kim Yo-Jong, juga sempat menyerahkan surat pribadi dari Kim Jong-Un kepada Moon. Isi surat itu merupakan harapan Kim Jong-Un untuk memperbaiki hubungan antara kedua Korea, juga undangan bagi Moon untuk berkunjung ke Pyongyang dalam waktu dekat.

Dituturkan juru bicara Blue House, Kim Eui-Kyeom, bahwa Kim Yo-Jong juga secara lisan menyampaikan undangan kepada Moon "untuk mengunjungi Korut pada saat yang paling tepat". Kim Yo-Jong menyatakan bahwa kakaknya ingin bertemu dengan pemimpin Korsel itu dalam waktu secepatnya.***dtc/mpc/bs

Dibaca 182 Kali