Minggu, 22 Juli 2018

Jerman Tak Ingin Terlibat dalam Serangan Militer di Suriah

Jum'at, 13 April 2018 11:18
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Berlin(MedanPunya) Pemerintah Jerman menyatakan tidak akan berpartisipasi dalam serangan militer yang kemungkinan dilakukan oleh negara Barat lainnya ke Suriah.

Kanselir Jerman Angela Merkel pada Kamis (12/4) mengirim pesan dukungan bahwa penggunaan senjata kimia tidak dapat dibenarkan.

Dia menekankan pentingnya persatuan untuk meresp ons dugaan penyerangan senjata kimiadi Douma, Ghouta Timur, oleh pasukan Suriah.

"Jerman tidak akan ambil bagian dalam aksi militer. Saya ingin menjelaskan lagi bahwa tidak ada keputusan terkait itu," katanya.

Merkel mengaku telah menghubungi Presiden Perancis Emmanuel Macron, yang juga sudah berbicara dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada pekan ini, membahas respons paling efektif untuk menanggapi dugaan serangan gas klorin di Suriah.

Meski AS, Inggris, dan Perancis diperkirakan akan melancarkan serangan militer, Jerman akan memberi bantuan tanpa harus melibatkan militer.

"Saya pikir penting untuk tetap berada di garis yang sama, tanpa harus dengan partisipasi militer Jerman," ucapnya.

Seperti diketahui, serangan pasukan Suriah di wilayah pemberontak di Douma diduga menggunakan gas beracun, sehingga menewaskan dan melukai warga sipil. Trump secara tegas akan melakukan serangan militer ke Suriah secepatnya.

Namun, dalam pertemuan dengan regu keamanan nasional pada Kamis lalu, Gedung Putih belum dapat memberikan keputusan bulat.

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan, pemerintah terus melakukan pembicaraan dengan sekutu untuk mengambil keputusan.

"Belum ada keputusan final yang dibuat. Kami terus memperhitungkan kemampuan intelijen dan sedang berdiskusi dengan mitra dan sekutu kami," katanya.***kps/mpc/bs


Dibaca 110 Kali