Rabu, 20 Jun 2018

Trump Yakin Pertemuan dengan Kim Akan Berhasil Luar Biasa

Selasa, 12 Jun 2018 10:33
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Singapura(MedanPunya) Pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diikuti oleh kamera yang terus merekam gerak-gerik mereka.

Pada Selasa (12/6), dunia menyaksikan keduanya saling berjabat tangan untuk pertama kalinya. Sebelum memulai pertemuan empat mata secara tertutup, Trump dan Kim menyapa media dengan menjawab pertanyaan yang diajukan.

"Saya merasa sangat baik, kami akan mengadakan pembicaraan besar, dan saya rasa akan berhasil luar biasa," katanya saat duduk di samping Kim Jong Un.

Trump dan Kim hanya dipisahkan oleh meja dihiasi bunga yang berada di tengah.

"Ini kehormatan bagi saya dan kami akan memiliki hubungan hebat. Saya tidak ragu," ucap Trump.

Kim Jong Un juga menyampaikan pemikiran serupa. Dia menjawab pertanyaan yang kemudian diterjemahkan oleh penerjemah.

"Prasangka yang dulu dan praktiknya menjadi penghambat dalam perjalanan kami, tetapi kami telah mengatasi semuanya dan kami berada di sini hari ini," kata Kim.

Jabat tangan Trump dan Kim tercatat dilakukan pada pukul 09.05 waktu Singapura di Hotel Capella, di depan barisan bendera Korut dan AS. Trump dan Kim juga mengumbar senyum dan bergantian saling berbasa-basi sebelum berfoto bersama.

Kedua pemimpin itu mengadakan pertemuan empat mata ditemani dengan penerjemah, kemudian bergabung dengan delegasi mereka dalam rapat bilateral.

Setelah pertemuan empat mata selesai, Trump dan Kim keluar dari ruangan kemudian melambaikan tangan ke media dari balkoni. Keduanya jalan berdampingan menuju ruangan rapat bilateral dengan delegasi.

Saat ini, pertemuan keduanya masih berlangsung.

Trump dan Kim dijadwalkan akan makan siang bersama setelah rapat berakhir.

Sebelum bertatap muka, keduanya menemui Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong secara terpisah pada Senin (11/6). Kim menyempatkan diri melihat kota pada Senin malam, mengunjungi Gardes by the Bay, dan jalan-jalan di Marina Bay.

Dia ditemani Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dan Menteri Pendidikan Singapuran Ong Ye Kung.***kps/mpc/bs


Dibaca 779 Kali