Minggu, 22 Juli 2018

Bahas Jabat Tangan Kim Jong Un, Trump Yakin Korut Bakal Denuklirisasi

Selasa, 10 Juli 2018 11:30
Beri Rating Berita Ini
(0 votes)

Washington(MedanPunya) Presiden Amerika Serikat Donald trump yakin jika pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan menghormati kesepakatan yang ditandatangani bersama di Singapura pada Juni lalu, mengenai denuklirisasi penuh.

Berkicau di Twitter pada Senin (9/7), Trump menyinggung jabat tangan bersejarah antara dirinya dengan Kim Jong Un. Dia bahkan menuding China bertanggung jawab atas keraguan Korea Utara untuk mewujudkan kesepakatan tersebut.

"Saya memiliki keyakinan, Kim Jong Un akan menghormati kesepakatan yang kami tanda tangan kami, dan yang lebih penting lagi, jabat tangan kami," kicaunya.

"Kami setuju dengan denuklirisasi Korea Utara. China, di sisi lain, mungkin menggunakan tekanan negatif pada kesepakatan itu," lanjutnya.

Optimisme Trump muncul, setelah Koea Utara mengeluarkan pernyataan pesimistis usai kunjungan ketiga Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Pyongyang.

Dalam sebuah pernyataan, Korea Utara menyebut hasil dari dua hari perundingan sangat mengkhawatirkan dan menuduh AS menggunakan sikap bak mafia untuk menuntut denuklirisasi. Pompeo menjelaskan tuntutannya kepada negara komunis tersebut sah dan masuk akal.

"Jika permintaan saya dikatakan sebagai mafia, maka seluruh dunia adalah mafia karena terdapat permintaan dari Dewan Keamanan PBB soal denuklirisasi," katanya.

"Saya sadar bahwa jalan untuk mencapai denuklirisasi menyeluruh bakal semakin terjal dan menantang," imbuhnya.

Pompeo menyatakan, AS akan terus menerapkan sanksi internasional hingga Korea Utara benar-benar melucuti senjata nuklirnya.***kps/mpc/bs


Dibaca 244 Kali