cache/resized/03ae02c03a497507a5cc772e7d2ad074.jpg
Jakarta(MedanPunya) Mahkamah Agung (MA) menyunat hukuman mantan Menteri Sosial Idrus Marham. Ia ...
cache/resized/e7c744cd89e31cec761eab760e829fec.jpg
Medan(MedanPunya) Gubernur Edy Rahmayadi menegaskan keharusan Apatur Sipil Negara (ASN) Sumatera ...
cache/resized/6039b8c3883e38106b1a3814f7533f80.jpg
Jakarta(MedanPunya)  KPK mengamankan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dalam operasi tangkap tangan ...

Jakarta(MedanPunya) Ada yang unik dalam penyambutan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, saat kunjungan di Jepang. Dia disambut dengan lagu 'Rasa Sayange' (atau disebut juga lagu 'Rasa Sayang') lalu diajak nyanyi bareng.

Mahathir melakukan lawatan kerja ke Fukuoka, Jepang untuk menghadiri sesi ke-16 Japan Future Leaders School. Mahathir didampingi oleh sang istri dan juga Menlu Malaysia, Saifuddin Abdullah, dan Menpora Malaysia, Syed Saddiq.

Beberapa momen kunjungan di Jepang itu dipublikasikan lewat Instagram story di akun resmi Mahathir, @chedetofficial, Kamis (8/8). Salah satunya adalah saat Mahathir dan istri disambut oleh siswa-siswi sekolah.

Para siswa itu menyanyikan sejumlah lagu di hadapan Mahathir dan rombongan. Setelah lagu berbahasa Jepang, mereka kemudian kompak menyanyikan lagu 'Rasa Sayange'.

Dua orang siswa menghampiri Mahathir dan istri lalu mengajak keduanya bergabung dengan siswa lainnya. Sambil bergandengan, Mahathir dan istri menyanyikan lagu 'Rasa Sayange'.

"Students singing Rasa Sayang together with Tun Dr Mahathir and Tun Dr Siti Hasmah," demikian keterangan di Instagram Story Mahathir.

Seperti diketahui, lagu 'Rasa Sayange' pernah menjadi polemik antara Indonesia dan Malaysia pada tahun 2007 silam. Saat itu, lagu 'Rasa Sayange' (atau disebut juga lagu 'Rasa Sayang'), menjadi soundtrack iklan pariwisata Malaysia.

Publik di Indonesia saat itu heboh karena merasa lagu daerah RI diakui Malaysia. Tetapi, Dubes Malaysia untuk Indonesia saat itu, Dato Zainal Abidin Zain, membantah Malaysia mengklaim lagu tersebut. Menurut Malaysia, 'Rasa Sayange' adalah lagu nusantara. Mendikbud saat itu, Jero Wacik, pernah mengungkapkan kekesalannya soal polemik lagu 'Rasa Sayange' itu.***dtc/mpc/bs

  • 0 komentar
  • Baca 114 kali