cache/resized/03ae02c03a497507a5cc772e7d2ad074.jpg
Jakarta(MedanPunya) Mahkamah Agung (MA) menyunat hukuman mantan Menteri Sosial Idrus Marham. Ia ...
cache/resized/e7c744cd89e31cec761eab760e829fec.jpg
Medan(MedanPunya) Gubernur Edy Rahmayadi menegaskan keharusan Apatur Sipil Negara (ASN) Sumatera ...
cache/resized/6039b8c3883e38106b1a3814f7533f80.jpg
Jakarta(MedanPunya)  KPK mengamankan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dalam operasi tangkap tangan ...

Washington(MedanPunya) Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengomentari situasi di Hong Kong yang disebutnya rumit. Trump meminta semua pihak tetap tenang, sembari menyebut pemerintah China telah menggerakkan tentaranya ke perbatasan dengan Hong Kong.

Trump mengharapkan semua langkah yang diambil otoritas Hong Kong bisa berhasil untuk semua pihak, termasuk China dan 'bagi kebebasan' tanpa adanya korban luka maupun korban jiwa.

Dalam pernyataan via Twitter pada Selasa (13/8) waktu setempat, Trump yang mengutip intelijen AS, mengungkapkan bahwa pemerintah China telah mengerahkan tentara ke perbatasan. Lebih lanjut, Trump mengharapkan semua pihak tetap tenang saat bentrokan terjadi antara demonstran antipemerintah dengan polisi.

Tidak diketahui secara jelas apakah Trump membahas soal laporan baru tentang pergerakan personel militer China atau merujuk pada pergerakan tentara China di dekat perbatasan Hong Kong yang telah dilaporkan media-media massa.

"Intelijen kita telah memberitahu bahwa pemerintah China menggerakkan tentaranya ke perbatasan dengan Hong Kong," sebut Trump via Twitter. "Semua orang harus tetap tenang dan tetap aman!" imbuhnya.

Diketahui bahwa bentrokan antara demonstran dan polisi pecah dalam aksi protes terbaru di Bandara Internasional Hong Kong pada Selasa (13/8) malam waktu setempat. Operasional penerbangan di bandara pun terganggu dan membawa Hong Kong semakin jatuh pada kekacauan.

"Masalah Hong Hong ini merupakan situasi yang sangat sulit -- sangat sulit," ucap Trump kepada wartawan saat melakukan kunjungan ke Morristown, New Jersey. "Kita akan lihat apa yang terjadi," ujarnya.

"Itu situasi yang sangat rumit. Saya pikir itu akan berhasil dan saya harap semua berhasil, untuk kebebasan. Saya harap itu akan berhasil untuk semua pihak, termasuk China. Saya harap itu akan berlangsung dengan damai. Saya harap tidak ada yang luka-luka. Saya harap tidak ada yang tewas," ucap Trump lagi.

Trump yang sedang mengupayakan kesepakatan besar untuk memperbaiki ketidakseimbangan perdagangan dengan China, dikritik karena menyebut unjuk rasa di Hong Kong sebagai 'kerusuhan'. Trump sebelumnya menyebut hal itu menjadi masalah yang harus diselesaikan China dan Hong Kong, yang masih bagian dari China.

Bentrokan terbaru pecah di bandara setelah seseorang yang luka-luka dibawa keluar dari terminal utama oleh paramedis. Sejumlah mobil polisi diblokir oleh para demonstran dan polisi antihuru-hara dikerahkan untuk memukul mundur para demonstran. Semprotan merica digunakan dalam situasi ini.

Demonstran juga memasang barikade di sejumlah jalur bandara dengan troli dan benda-benda lainnya. Pada satu momen, demonstran menyerang seorang polisi dengan tongkat hingga memaksa polisi itu menarik senjatanya dan mengarahkannya ke para demonstran, untuk melindungi dirinya.

Kepolisian Hong Kong dalam pernyataan resmi menyebut demonstran menyerang dan mengepung seorang 'pengunjung' di bandara. Namun para demonstran meyakini 'pengunjung' itu merupakan polisi yang sedang menyamar. Laporan AFP menyebut pengunjung yang luka-luka itu dikepung demonstran selama dua jam di dalam bandara.

Seorang pria lainnya juga dilaporkan sempat dikeroyok dan diikat demonstran di bandara. Pria itu belakangan diidentifikasi sebagai Fu Fuohao, seorang reporter Global Times, surat kabar China yang dilindungi oleh surat kabar resmi China, People's Daily.***dtc/mpc/bs

  • 0 komentar
  • Baca 120 kali