cache/resized/89223fafb7193a09af541cb2610486b2.jpg
Jakarta(MedanPunya) Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 ...
cache/resized/9e51edb2fb71b473d38ba9a7a712fc12.jpg
Washington(MedanPunya) Pemerintah Amerika Serikat tengah menyelidiki intensif apakah virus Corona ...
cache/resized/9a84fa7c035130d22fadbbf8666b577e.jpg
Medan(MedanPunya) Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin meminta semua pihak mematuhi ...

Washington(MedanPunya) Dua politikus yang juga anggota parlemen Amerika Serikat (AS) diketahui melakukan kontak dekat dengan Presiden Donald Trump setelah sebelumnya terpapar virus Corona. Kedua politikus itu diketahui pernah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang positif virus Corona pada akhir Februari lalu.

Dua politikus Partai Republik yang juga anggota parlemen AS, yakni Doug Collins dari Georgia dan Matt Gaetz dari Florida, diketahui melakukan kontak dekat dengan seseorang yang positif virus Corona saat menghadiri Konferensi Tindakan Politik Konservatif (CPAC) akhir bulan lalu.

Keduanya baru saja mengumumkan bahwa mereka kini menjalani karantina sendiri (self-quarantine) usai menyadari pernah melakukan kontak dekat dengan seorang pasien virus Corona.

Collins diketahui berjabat tangan dengan Trump pada Jumat (6/3) lalu, saat bertemu di kantor Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC). Sementara Gaetz sempat naik limusin kepresidenan dan bepergian bersama Trump dengan pesawat kepresidenan Air Force One pada Senin (9/3) waktu setempat.

Baik Collins maupun Gaetz dilaporkan tidak mengalami gejala-gejala virus Corona.

"Saya telah memutuskan untuk melakukan self-quarantine sebagai bentuk kehati-hatian," ucap Collins dalam pernyataannya.

Collins diketahui mendampingi Trump dalam kunjungan ke kantor CDC di Atlanta, Georgia, pada Jumat (6/3) lalu. Sebuah foto yang dipublikasikan surat kabar lokal, Atlanta Constitution-Journal, menunjukkan Collins dan Trump saling berjabat tangan dalam kunjungan itu. Laporan surat kabar itu juga menyebut Collins sempat melakukan kontak dengan Gubernur Georgia, Brian Kemp dan Senator Georgia, Kelly Loeffler.

Gaetz menyadari dirinya telah melakukan kontak dengan seseorang yang belakangan dinyatakan positif virus Corona, saat berada di dalam pesawat kepresidenan AS. Disebutkan kantor Gaetz bahwa dia langsung menjalani pemeriksaan begitu pesawat mendarat.

"Dia melakukan pemeriksaan hari ini dan mengharapkan hasilnya segera," sebut kantor Gaetz dalam pernyataan via Twitter pada Senin (9/3) waktu setempat.

Selain Collins dan Gaetz, ada tiga politikus AS lainnya yang juga berpotensi terpapar virus Corona saat menghadiri konferensi CPAC. Mereka adalah Senator Texas, Ted Cruz, dan anggota parlemen Arizona, Paul Gosar -- kedua dari Partai Republik dan seorang anggota Kongres AS dari Partai Demokrat, Julia Brownley.***dtc/mpc/bs

  • 0 komentar
  • Baca 107 kali