Bappenas Sebut Daya Beli Hilang Rp 362 T Garagara Corona

Jakarta(MedanPunya) Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN/Bappenas) mencatat Indonesia kehilangan daya beli hingga Rp 362 triliun akibat pandemi virus Corona alias COVID-19.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan hilangnya daya beli atau tingkat konsumsi rumah tangga Indonesia karena penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama pandemi virus Corona.

“Pandemi COVID memberikan kejutan luar biasa terhadap dunia termasuk kita di Indonesia. Bahkan bagi Indonesia ini ada semacam wake up call untuk beberapa sistem negara,” kata Suharso di ruang rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (22/6).

Penerapan PSBB tak dipungkiri telah membatasi produktivitas nasional sehingga banyak pengusaha yang mengurangi jumlah karyawannya. Hal itu tentu berdampak pada penghasilan atau kondisi ekonomi masyarakat Indonesia.

“Jadi bahwa pandemi ini dari tanggal 30 Maret sampai 6 Juni, kurang lebih 10 minggu hitungan kami hilang jam kerja luar biasa, ini juga menghilangkan daya beli Rp 362 triliun,” jelasnya.

Oleh karena itu, dikatakan Suharso, pemerintah melalui program perlindungan sosial alias bansos berharap dapat menjaga penurunan daya beli masyarakat selama Corona.

Menurut Suharso, hingga saat ini tidak ada UMKM yang memiliki penghasilan tinggi. Untuk sektor manufaktur tercatat tingkat keterisian produksinya menyisakan 30% saja dari total kapasitas.

“Dalam 10 pekan ini, itu sebabnya pemerintah melalui social safety net agar daya beli masyarakat terjaga dan kontraksi ekonomi kita di triwulan II bisa dijaga dan dengan demikian itu jadi PR kita dalam pemulihan 2021,” ungkapnya.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version