Cetak halaman ini

Jakarta(MedanPunya) Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing (inflow) yang masuk ke dalam negeri semakin meningkat di pekan ini. Dalam 3 hari saja, tercatat inflow Rp 3,6 triliun.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyebutkan, aliran modal Rp 3,6 itu masuk ke Surat Berharga Negara [SBN]. Selain itu, masih terjadi inflow menunjukkan pasar keuangan Indonesia masih aman dan stabil.

"Inflow asing ke SBN, kemarin ada inflow ke SBN Rp 1,75 triliun, net beli dari asing. Di 2 hari sebelumnya Selasa, Rp 1,5 triliun dan Rabu, Rp 0,3 triliun (Rp 300 juta) dan dalam 3 hari hampir kurang lebih Rp 3,6 triliun inflow asing ke SBN," ujar Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (24/5).

Selain itu, nilai tukar rupiah juga menguat dalam 3 hari terakhir. Lanjut Perry, kemarin nilai tukar rupiah juga ditutup di level Rp14.455 atau menguat 65 poin dibandingkan penutupan di hari sebelumnya.

"Hari ini juga (rupiah) menguat stabil. Rupiah dalam 3 hari ini menguat stabil. Ini tunjukkan pasar valas bergerak normal dan asing percaya kepada pasar keuangan kita. BI akan terus ada di pasar lakukan langkah-langkah stabilisasi melalui intervensi valas maupun pasar sekunder," tegasnya.***cnn/mpc/bs

  • 0 komentar
  • Baca 125 kali