Produksi Beras RI Bulan Depan Diklaim Tertinggi dalam 10 Tahun

Jakarta(MedanPunya) Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) diprediksi produksi beras pada September 2024 akan menjadi yang tertinggi selama 10 tahun. Dalam paparannya, produksi beras bulan itu mencapai 2,8 juta ton.

“Ini September 2,8 juta ton sebelumnya tidak pernah terjadi. Di bulan September karena gerakan pompa, gerakan oplah tidak pernah terjadi 10 tahun, ini yang terbaca 5 tahun,” kata Amran dalam rapat dengan Komisi IV DPR RI, Senin (26/8).

Amran mengatakan padahal pada beberapa bulan belakangan tengah kekeringan akibat El Nino. Dalam paparannya memang produksi itu juga lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya, seperti dibandingkan Juni-Juli hanya 2 juta. Produksi mencapai 3,6 juta ton pada Mei saat panen raya.

“Kemudian Agustus 2,8 juta ton, ini tiga sampai empat tahun terakhir tertinggi. Ini Oktober data BPS, ini Oktober 2,5 juta tertinggi selama 5 tahun hasil pompa kita,” terangnya.

Amran mengakui bahwa produksi beras telah mengalami penurunan. Hal itu terjadi karena El Nino yang membuat kekeringan berkepanjangan. Bahkan Amran menyebut kondisi kekeringan masih terjadi ke depan.

“Ada surat tertulis BMKG tembuskan ke Presiden kemudian ke Menteri, ada tekanan. Kalau kita tidak lakukan pompanisasi, oplah, kami pastikan impor 3 juta ton itu bisa 5 sampai 7 juta ton. Kita harus siapkan karena melihat kenyataan di lapangan terlalu banyak masalah yang kita hadapi, iklim El Nino overlap dengan kekeringan,” pungkasnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version