2 Caleg NasDem yang Dipecat Gerindra Tak Lolos DPRD Medan

Medan(MedanPunya) Dua caleg DPRD Medan Siti Suciati dan Diko Edy Eka Suranta S Meliala yang dipecat Gerindra tidak terpilih di Pileg 2024. Keduanya maju sebagai caleg DPRD Medan dari NasDem usai dipecat Gerindra.

Hal itu diketahui dari D Hasil rekapitulasi KPU Medan yang dilihat, Jumat (22/3). Diketahui Siti Suciati maju dari dapil 2 dan Diko Edy maju dari dapil 5.

Pada Pileg 2019, Siti Suciati terpilih dari dapil 2 dari Gerindra. Siti saat itu mengamankan kursi ketiga yang diraih Gerindra dari dapil 2 dengan perolehan 5.318 suara.

Pada Pileg 2024, Siti maju di dapil 2 bersama caleg petahana NasDem, yakni T Edriansyah Rendy. NasDem berhasil mengamankan 1 kursi dari dapil 2.

Suci berhasil meraih 2.403 suara dan Edriansyah 1.595 suara. Suara keduanya kalah dari Saipul Bahri dengan 10.084 suara dan terpilih sebagai anggota DPRD Medan.

Sementara Diko pada Pileg 2019 terpilih sebagai anggota DPRD Medan dari Gerindra dapil 5. Diko saat itu mengamankan kursi kedua milik Gerindra dari dapil 5 dengan perolehan 4.703 suara.

Pada Pileg 2024, Diko maju dari NasDem untuk DPRD Medan dari dapil 5 bersama caleg petahana NasDem di dapil tersebut, Habiburrahman Sinuraya. NasDem berhasil meraih 1 kursi DPRD Medan dari dapil 5.

Diko meraih 6.190 suara dan Habiburrahman 5.501 suara. Perolehan suara keduanya kalah dibandingkan Muhammad Afri Rizki Lubis yang baru masuk NasDem setelah keluar dari Golkar. Rizki meraih 8.512 suara dan terpilih sebagai anggota DPRD Medan periode 2024-2029.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPC Gerindra Medan Ihwan Ritonga menyebut dua anggota DPRD Medan Fraksi Gerindra yang nyaleg dari NasDem sudah dikeluarkan. Keduanya dikeluarkan dari Partai Gerindra karena bermasalah.

“Jadi memang orang-orang yang kita keluarkan dari Partai Gerindra adalah orang-orang yang bermasalah,” katanya, Senin (9/10/2023).

Gerindra, kata Ihwan, tidak mencalonkan lagi keduanya karena bermasalah. Karena itu keduanya memilih pindah ke partai lain.

“Setelah kita tidak akomodir ya silakan mereka memilih jalan lain, artinya mereka bukan pindah tapi mereka yang kita keluarkan dari Gerindra,” ucapnya.

Kedua anggota DPRD Medan tersebut adalah Siti Suciati dan Diko Eka Suranta S Meliala. Siti dipecat oleh Gerindra karena tersandung kasus asusila, sedangkan Diko dikeluarkan karena dinilai tidak loyal ke partai.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version