20 Juni Lapangan Merdeka Medan Dikosongkan

Medan(MedanPunya) Pemkot Medan sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada pengelola Merdeka Walk beserta tenant tentang pengosongan Lapangan Merdeka Medan.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang Medan, Endar Sutan Lubis mengatakan tanggal 20 Juni 2022 Lapangan Merdeka harus di kosongkan.

“Tanggal 20 Juni mendatang mereka sudah harus pindah ke lokasi yang sudah ditentukan,” kata Endar, Jumat (3/6).

Pengosongan tersebut merupakan bagian dari tahapan revitalisasi lapangan merdeka. Selain Merdeka Walk, sejumlah kantor dinas juga akan dipindahkan termasuk kantor Satlantas Polrestabes Medan.

“Kantor dinas seperti dinas perhubungan, dinas pertamanan bahkan satlantas juga ikut pindah,” ujarnya.

Namun dia tidak merinci ke mana kantor tersebut akan direlokasi. Selain itu menurut Endar, bagi yang tidak mau pindah, tidak ada sanksi hukum yang akan diberikan oleh Pemkot Medan

“Ya kalau sanksi secara hukum ya tidak ada, ini kan kita menghimbau,” tutupnya.

Sebelumnya Endar mengungkapkan bahwa Merdeka Walk akan dipindahkan ke Taman Lili Suheri.
“Priotasnya adalah Taman Lili Suheri,” katanya.

Endar mengatakan hal itu saat pertemuan dengan PT Orange Indonesia Mandiri (IOM) selaku pengelola Merdeka Walk dan perwakilan tenant. Lokasi Taman Lili Suheri itu sendiri berada di persimpangan antara Jalan Palang Merah dan Jalan Listrik Medan.

Endar menjelaskan jika pihak pengelola tempat usaha di Merdeka Walk itu meminta agar dipindahkan ke areal bekas RS Tembakau Deli di Jalan Putri Hijau Medan. Namun karena itu milik PTPN, Pemkot Medan tidak bisa memenuhi keinginan para pengelola tempat usaha.

“Itu di luar otoritas Pemkot Medan,” sebut Endar.

Lebih lanjut, Endar menjelaskan pihak Pemkot Medan hanya akan memberikan lahan yang bisa digunakan sebagai tempat usaha. Untuk pembangunan di lokasi itu, kata Endar, menjadi tanggung jawab pihak pengelola tempat usaha.

“Pemkot Medan hanya mempersiapkan lahan relokasi, untuk pembangunan infrastrukturnya masih menjadi tanggung jawab daripada manajemen pengelola dari Merdeka Walk,” tutupnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version