Akun Instagram ATCS Dishub Medan Diretas, Hati-hati Penipuan

Medan(MedanPunya) Akun Instagram resmi Area Traffic Control System (ATCS) milik Dinas Perhubungan Kota Medan diretas. Warga diimbau hati-hati terhadap penipuan.

Hal itu diketahui dari unggahan Dishub Medan di akun Instagram resminya yang dilihat, Senin (17/7). Akun Instagram yang diretas itu adalah @atcs Medan.

“Akun Instagram ATCS Medan telah di-hack. Kami imbau kepada masyarakat agar berhati-hati atas segala sesuatu yang mengatasnamakan ATCS Medan. Saat ini ATCS Medan tidak pernah atau tidak sedang mengadakan giveaway atau undian berhadiah. Jangan pernah mentransfer sejumlah uang,” tulis Dishub Medan di Instagram-nya.

Setelah diretas, muncul penjualan handphone di akun tersebut. Penjualan handphone tersebut diunggah di story akun @atcs Medan.

Dishub Medan kemudian membuat akun Instagram baru ATCS Medan, yaitu @atcskotamedan. Hal itu diketahui dari unggahan lain di Instagram Dishuh Medan.

“Pengumuman… Ini adalah akun Instagram dari ATCS Medan yang baru dan resmi @atcskotamedan. Segala bentuk informasi atau kegiatan ATCS Medan akan diinformasikan melalui akun Instagram ini,” tertulis diunggahan lain di Instagram @dishub_medan.

Kadishub Medan, Iswar Lubis membenarkan jika akun @atcsmedan diretas. Akun tersebut diretas sejak Jumat (14/7).

“Hari Jumat kemarin,” kata Iswar Lubis, Senin (17/7).

Hingga saat ini, akun Instagram tersebut belum berhasil diambil alih kembali. Iswar mengaku tim IT Pemkot Medan kalah sehingga belum bisa mengambil alih akun tersebut.

“Ya kita mungkin kalah IT kita mungkin, belum dapat kita bagaimana cara nutupnya,” ucapnya.

Pasca diretas, Dishub Medan langsung sigap dengan membuat akun baru. Sebab dengan jumlah pengikut puluhan ribu, Iswar mengaku takut jika dimanfaatkan oleh peretas untuk menipu pengikut akun Instagram itu.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version