Berhasil Dipisahkan, Begini Kondisi Terkini Bayi Kembar Siam Adam dan Aris

Medan(MedanPunya) Kondisi terkini bayi kembar siam Adam dan Aris yang berhasil dipisahkan oleh tim dokter RSUP Haji Adam Malik Medan, Kamis (21/1).

Dalam video berdurasi 24 detik yang dikirimkan tim humas terlihat kedua bayi sudah terpisah dan sudah dirawat di tempat tidur yang berbeda dan alat bantu yang berbeda.

Sekretaris Tim Penanganan Bayi Kembar Siam RSUP HAM dr Rizky Adriansyah menjelaskan proses hingga akhirnya kedua bayi dipindahkan ke ruang ICU membutuhkan waktu hingga pukul 9 malam.

Dimana kondisi bayi disebutkan masih dalam kondisi stabil.

“Operasi kita lakukan kemarin dari mulai pukul 8 pagi terpisah jam 17.40 WIB dan baru bisa dipindahkan ke ruang ICU pukul 21.00 malam. Nah itu semua prosesnya mulai dari awal hingga pagi ini belum memiliki kendali cukup berarti, relatif stabil,” ungkapnya saat konfrensi pers, di Gedung Administrasi RSUP Haji Adam Malik Medan, Kamis (21/1).

Ia membeberkan bahwa alasan kenapa operasi terbilang cukup lama hingga memakan waktu 9 jam 40 menit karena luas operasi yang cukup besar.

“Tadi juga sudah disebutkan kenapa operasinya berlangsung lama karena memang luas operasi yang cukup besar. Karena seluruh abdomen dan sebagian bagian dada bagian yang sempet dari dinding jantung dan bagian hatinya. Alhamdulillah sekarang dirawat di ruang ICU dan kondisinya stabil,” beber Rizky.

Rizky menyebutkan bahwa organ bagian tubuh yang dempet seperti hati dan dinding jantung sudah berhasil dipisahkan.

“Masing-masing sudah dispisah, hatinya sudah dipisah dinding jantung yang sebelumnya dempet juga sudah dipisah. Hanya saja seperti yang dijelaskan terkait penutupan luka operasi yang mungkin sebelumnya menyatu tentu bagaimana kualitas kulitny bisa tertutup,” tuturnya.

Orang tua bayi kembar siam Adam dan Aris menangis haru usai anaknya berhasil dipisahkan oleh tim dokter RSUP Haji Adam Malik.***trb/mpc/bs

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version