Bobby Nasution Ungkap Penyebab Medan Tak Kunjung Turun ke Level 1 karena Hal Ini

Medan(MedanPunya) Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengungkapkan penyebab Medan tak kunjung menerapkan PPKM Level 1 meskipun penularan kasus Covid-19 sudah cenderung nihil.

Bobby menuturkan penyebabnya adalah capaian vaksinasi lansia yang masih rendah dan belum mencapai target yang ditentukan oleh Kementrian Kesehatan.

“Medan sekarang sudah level 2 masalahnya satu aja, penularan kita sudah landai. Kenapa tidak level 1? Karena vaksinasi lansia kita masih kurang,” ujar Bobby, Senin (6/12).

Ia mengatakan, dari target 60 persen, capaian vaksinasi lansia di Medan masih 54 persen.

“Targetnya 60 persen kita baru 54 persen. Inilah yang masih menjadi kendala di kita kenapa belum bisa turun ke level 1,” katanya.

Bobby mengaku, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan vaksinasi lansia. Seperti jarak vaksinasi yang jauh dan keinginan lansia untuk divaksin yang masih rendah.

“Memang susah sekali. Kadang-kadang banyak juga lansia kita kendalanya lokasi vaksinnya jauh,” tuturnya.

Menantu Presiden Jokowi itupun meminta hotel-hotel untuk membantu pihaknya dalam meningkatkan capaian vaksinasi lansia.

“Dan kami lihat-lihat kita diskusi antara Dinas pariwisata dan kesehatan sebenarnya Hotel bisa membantu kami. Kan setiap weekend hotel pasti rame, staycation biasanya itu bawa anak, bawa orang tua, nginap di hotel satu malam,”

“Kalau hotel ini pakai peduli lindungi misalnya ada orangtuanya belum vaksin kan bisa terdata di kita, mereka juga tidak boleh masuk,” katanya.

Dengan cara tersebut, ia berharap capaian vaksinasi lansia bisa meningkat dan kesadaran lansia untuk mendapatkan vaksin juga meningkat.

“Kita siapkan pun tempat vaksin di hotel-hotel setiap weekend jadi kalau ada orangtua yang di aplikasi peduli lindungi belum vaksin, kita vaksin di tempat jadi jangan takut dia tidak bisa masuk. Susah kalau belum pakai aplikasi peduli lindungi untuk mendetect mana lansia yang belum divaksin,” ucapnya.

Diketahui, saat ini capaian vaksinasi Kota Medan sudah vaksin 79,08 persen untuk yang dosis 1 dan 67,96 persen untuk yang dosis 2.***trb/mpc/bs

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version