Bobby Ungkap DBH 2021 Baru Dibayar Rp 180 M, Jawab Sentilan Gubsu

Medan (MedanPunya) Wali Kota Medan Bobby Nasution berbicara tentang perkembangan dana bagi hasil (DBH) pajak Rp 407 miliar tahun 2021 dari Pemprov Sumatera Utara (Sumut). Bobby menyebut Pemprov Sumut telah membayar semester satu DBH sekitar Rp 180 miliar.

“Tahun 2021 untuk semester satu ini sudah diterima, dari Rp 407 miliar itu sudah diterima kurang-lebih Rp 180 miliar,” kata Bobby Nasution setelah meninjau vaksinasi massal di eks Bandara Polonia, Medan, Kamis (1/7).

Bobby menyebut dana tersebut santer dibicarakan lantaran ada pertanyaan dari pihak DPRD Kota Medan saat rapat paripurna. Bobby pun menyentil soal Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang dirinya bicara hal itu lebih dulu ke publik.

“Begini, ini dibilang saya baca, dibilang inilah. Ada pula yang bilang, pengamat yang bilang mau maju gubernur, kejauhan, saya bilang. Terus dibilang saya ngumpulkan media untuk bicara DBH, tidak,” ujar Bobby.

Bobby lalu menjelaskan awal mula DBH itu muncul ke publik. Bobby mengaku hal itu karena ada pertanyaan dari pihak Dewan.

“Pertama sekali karena teman-teman dari anggota DPRD Provinsi Sumut datang ke kantor kota yang dapil Medan, ya. Menyampaikan apa yang bisa dan apa yang bisa kami dengarkan dari Kota Medan ke Provinsi Sumut. Kan kami sampaikan itu. Yang kedua pada saat kami paripurna, hal ini kan kami melapor. Pemko Medan melapor kepada DPRD Kota Medan, karena ditanyakan sama DPRD Kota Medan,” sebut Bobby.

“Kenapa kok capaian PAD kita sangat rendah pada tahun 2020. Ya kami jabarkan, karena salah satunya DBH yang dibayarkan ya harusnya tahun 2020 itu kan belum dibayarkan. Memang pada tahun 2021, pada saat bulan berjalan ini pada saat kami menyampaikan hal itu sudah dibayar. Cuma kan yang ditanyakan tahun 2020, kenapa uangnya, PAD-nya, realisasinya rendah. Ya kami wajib menjawab dong. Kami Pemko Medan wajib menjawab pertanyaan dari DPR. Ya kami jawab karena tahun 2020 harusnya penerimaan DBH-nya itu bulan berjalan itu tidak kami terima,” sebut Bobby.

Bobby berharap DBH tersebut dibayar pada bulan berjalan. “Memang kita bilang kalau bisa bulan berjalan,” ujar Bobby.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version