BTKLPP Medan Lakukan Swab Test Covid-19 Gratis

Medan (MedanPunya) Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Medan kembali menggelar swab test kepada masyarakat, Jumat (26/6). Puluhan warga telah mendaftar di bagian registrasi sebelum mulai untuk melakukan swab.

Setelah mengisi daftar diri para masyarakat langsung dilakukan swab tenggorokan oleh petugas medis BTKLPP yang berpakaian APD lengkap.

Kepala BTKLPP Kelas 1 Medan, dr Rosmita Ginting menyebutkan bahwa swab ini dilakukan untuk menelusuri para warga yang memiliki kontak erat dengan pasien positif.

“Jadi target kita setiap hari memang ratusan, jadi ini dilakukan bukan massal tapi lebih kepada para warga yang memiliki kontak erat. Jadi kita Lakukan ini secara gratis sebagai bentuk kepedulian kita kepada Sumatera Utara. Jadi kita berpartisipasi untuk secara cepat mengetahui gejalanya di masyarakat,” tuturnya.

Seorang warga, Vera Ritonga (21) yang ikut swab menyebutkan dirinya ikut karena ingin memastikan diri terkait kondisi dirinya agar tidak menularkan kepada orang lain.

“Karena kita juga enggak tahukan kita itu sudah kena atau tidak. Jadi mau memastikan diri biar enggak menularka ke orang lain,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dirinya berencana pulang ke kampungnya dan membutuhkan surat keterangan bebas Covid19.***trb/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version