Calon Dirut Bank Sumut Ditetapkan saat Proses Pendaftaran

Medan(MedanPunya) Pemprov Sumut telah mengusulkan nama Babay Parid Wazdi ke OJK sebagai calon tunggal Dirut Bank Sumut. Namun ada yang aneh saat proses penetapan nama calon dirut yang dinyatakan lolos administrasi, karena dilakukan saat proses pendaftaran dilakukan.

Penetapan nama calon Dirut Bank Sumut yang lolos seleksi administrasi dilakukan berdasarkan surat pengumuman nomor 004/Pansel-Bank Sumut/2023 tentang Hasil Seleksi Calon Direktur Utama Bank Sumut. Surat itu ditandatangani Arief S Trinugroho selaku Sekretaris Daerah Pemprov Sumut sebagai Ketua Panitia Seleksi pada 27 Februari 2023.

“Berdasarkan Berita Acara Seleksi Administrasi Calon Direktur Utama PT Bank Sumut nomor 003/Pansel-Bank Sumut 2023 tanggal 13 Februari, Panitia Seleksi menetapkan,” tulis pengumuman tersebut seperti dilihat Kamis (16/3).

Dalam pengumuman itu ada tujuh nama calon Dirut Bank Sumut yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Mereka adalah Denny Sorimulia Karim, Asnandar Muda Lubis, Agus Syabaruddin, Hadi Sucipto, Babay Farid Wazdi, Achmad Fery Affandi, Julian Helmi Lubis.

Surat pengumuman itu memberitahu ketujuh nama tersebut untuk mengikuti psikotes, ujian tertulis dan pemaparan makalah. Ternyata pengumuman tujuh nama calon Dirut Bank Sumut yang lolos seleksi administrasi itu dilakukan saat masih proses pendaftaran seleksi calon dirut.

Berdasarkan surat pengumuman nomor: 002/Pansel-Bank Sumut 2023 proses pendaftaran calon dirut dilakukan pada 13-17 Februari 2023. Artinya penetapan tujuh nama Dirut Bank Sumut yang lolos seleksi administrasi dilakukan ketika masih dibukanya proses pendaftaran calon dirut.

Kabiro Perekonomian Setdaprov Sumut, Naslindo Sirait tak membantah ketika dikonfirmasi ihwal penetapan calon Dirut Bank Sumut dilakukan saat panitia seleksi masih proses pendaftaran.

Sayangnya dia tak mau menjelaskan keanehan itu. Naslindo beralasan yang bisa memberikan keterangan adalah atasannya Sekdaprov Sumut, Arief S Trinugroho.

“Ke Pak Sekda aja dulu ya, karena kita kan masih ada atasan tak mungkin aku beri keterangan, kecuali tadi Pak Sekda sudah nyuruh,” kata Naslindo ketika dikonfirmasi.

Penetapan nama Babay Parid Wazdi sebagai calon tunggal Dirut Bank Sumut dilakukan berdasarkan RUPS LB pada Senin 6 Maret 2023 lalu.

“Sudah ada nama untuk Dirut yaitu Babay Parid Wazdi,” kata Arief usai mengikuti RUPS.

Selain itu, Arief menyebutkan bahwa Bank Sumut juga sudah mengajukan nama untuk calon Direktur Bisnis Bank Sumut dan komisaris.

“Kalau untuk yang internal calon direktur bisnis karena sesuai dengan tahapan yang kita lakukan hanya dua yang direkomendasikan untuk memenuhi persyaratan yaitu dirut dan satu direktur bisnis,” ujarnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version