Disinggung Calon Sekda Bermarga Lubis, Gubsu Edy: karena Istriku Lubis, Kalian Bilang Lubisisasi

Medan(MedanPunya) Gubernur Sumut Edy Rahmayadi tidak mengungkapkan nama-nama calon Sekretaris Daerah (Sekda).

Edy Rahmayadi memastikan telah menandatangani tiga besar calon Sekda Sumut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tiga nama yang diusulkan ke Kemendagri itu merupakan yang terbaik dari hasil penetapan oleh Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya atau Eselon I Pemprov Sumut.

Namun, orang nomor satu di Pemprov Sumut itu masih enggan untuk menyebutkan sosok tiga nama tersebut.

“Saya takut, kalau diumumkan, orang yang tak dapat marah. Tapi, sudah saya tandatangani,” kata Edy, Selasa (15/2).

Ditanya mengenai sosok yang diusulkan menjadi calon Sekda Sumut ada kaitan dengan marga Lubis, Edy pun menjawab sambil berkalakar.

Diketahui ada dua marga Lubis yang mengikuti seleksi calon Sekda Sumut atau Eselon I Pemprov Sumut.

Dan keduanya terus melaju hingga tahapan assesmen dan wawancara.

Keduanya yakni Hasmirizal Lubis (Asisten Umum Pemprov Sumut) dan Hamid Heriansyah Lubis (Sekda Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung)

“Mentang-mentang istri ku Lubis, nanti kalian bilang Lubis-isasi,” jawab Edy.

“Saya perlu orang untuk kerja. Dia harus benar-benar harus bisa kerja,” tegasnya.

Mantan Pangkostrad itu kembali memastikan bahwa tiga nama calon Sekda Sumut yang dikirimkan ke Kemendagri merupakan ranking tiga besar terbaik yang ditetapkan Pansel.

“Saya ajukan tiga, berdasarkan urutan ranking,” sebutnya.

Sementara itu, usai dikirimkan ke Kemendagri, maka Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin akan memilih satu dari tiga nama calon tersebut, untuk ditetapkan sebagai Sekda Sumut.

Sebelumnya, tiga nama calon itu terlebih dahulu diusulkan Gubernur Sumut, selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk diverifikasi.

Lalu, usai diverifikasi, tiga nama calon itu lalu dikirimkan ke Kemendagri, sebelum nantinya dipilih satu nama untuk ditetapkan Presiden RI, Joko Widodo sebagai Sekda Sumut.

Adapun hingga tahapan assesmen dan wawancara, ada enam calon yang berpeluang untuk menjabat sebagai Sekda Sumut, yakni Tengku Amri Fadli (Kadis Lingkungan Hidup Sumut), Arief Sudarto Trinugroho (Asisten Perekonomian dan Pembangunan).

Lalu, Lasro Marbun (Inspektur Daerah Sumut), Agus Tripiyono (Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan SDA Sumut), Hasmirizal Lubis (Asisten Umum) serta Hamid Heriansyah Lubis (Sekda Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung).

Sementara, seleksi JPT Madya atau Eselon I Pemprov Sumut dibuka oleh Pansel sejak tanggal 23 November 2021 lalu.

Adapun Ketua Pansel Calon Sekda Sumut tersebut adalah Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Dr Akmal Malik, M.Si.***trb/mpc/bs

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version