Drainase Dibiarkan Mampet Selama 4 Tahun, Kalau Meluap Masuk Rumah Warga

Medan(MedanPunya) Warga Jalan Platina I, Kelurahan Titi Papan, Kecamatan Medan Deli, persisnya yang bermukim di dekat bantaran rel mengeluh soal kondisi lingkungan mereka.

Pasalnya, drainase dibiarkan mampet selama 4 tahun, sehingga kalau banjir meluap masuk rumah warga.

Pantauan, drainase yang mampet itu dipenuhi sampah dan airnya menghitam.

Warga yang tinggal di lokasi mengatakan, jika hujan deras turun, maka air dari parit meluap ke badan jalan dan ke rumah warga.

“Kalau hujan, ya meluap. Lihatlah itu paritnya sudah penuh. Belum lagi kondisi jalannya lebih tinggi dari rumah kami,” kata Anwar Hasibuan, warga setempat, Selasa (15/6).

Anwar mengatakan, sebenarnya ada lubang pembuangan yang mengalirkan air parit dari pinggir rel kereta api ke drainase besar di pinggir Jalan Kolonel Yos Sudarso.

Tapi karena banyaknya sampah di parit tersebut dan belum pernah dilakukan normalisasi, akibatnya air tidak mengalir dan mengendap hingga meluap saat hujan deras.

Dikatakannya, ia mendapat informasi dari kepala lingkungan bahwa akan dilakukan normalisasi drainase di bulan Maret.

Nyatanya, hingga saat ini normalisasi drainase tidak pernah dilakukan, hanya pihak dari kecamatan saja yang membersihkan parit, itu pun hanya mengambil sampah dari parit tersebut.

“Kata kepling bulan 3 mau dibersihkan Dinas PU, tapi sampai sekarang sudah bulan 6 tidak ada dikerjakan. Paling cuma dari kecamatan saja bersihkan kemarin, itupun hanya mengambil sampahnya saja, yah tetap tidak mengalir lah airnya,” ujarnya.

Anwar mengaku, sejumlah warga di belakang rumahnya sering kali membuang sampah di parit tersebut.

Ia pun sudah memberitahu kepala lingkungan untuk mengimbau warga agar tidak membuang sampah di parit.

“Jadi masyarakat di belakang selalu buang sampah ke sini. Kalau sudah penuh, kami lah yang angkat sampahnya dari parit ini. Saya sudah bilang sama pak kepling supaya mengimbau warga untuk tidak buang sampah di situ, kepling bilang iya nanti saya bilang,” kata Anwar.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan, Zulfansyah berterima kasih kepada awak media karena telah menyampaikan laporan dari warga Jalan Platina I.

Ia pun berjanji akan segera menindaklanjuti ke lokasi tersebut

“Terimakasih atas laporannya, insyaallah drainase akan segera kami tindaklanjuti secepatnya,” ujar Zulfansyah.***trb/mpc/bs

 

 

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version