GNPF-U Tagih Komitmen Edy saat Pilgubsu: 2 Tahun Belum Terlaksana

Medan(MedanPunya) GNPF Ulama Sumut mengatakan pihaknya membuat komitmen dengan Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi dan Wagubsu Musa Rajekhshah sebagai syarat dukungan di Pilgubsu 2018. Kini GNPF Ulama Sumut menagih komitmen itu.

“Iya, itu kan aspirasi peserta Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) berdasarkan serapan dari masyarakat. Karena GNPF kan salah satu pihak terkait dengan munculnya MoU pasangan Eramas (Edy Rahmayadi-Musa Rajekhshah) ketika itu yang disaksikan oleh ketua MUI ketika itu sebagai saksi dan anggota DPD dari dapil Sulawesi,” ucap Ketua GNPF Ulama Sumut Aidan Nazwir kepada wartawan, Selasa (13/4).

Aidan mengatakan ada lima poin komitmen yang ditandatangani pihaknya dengan pasangan Eramas saat itu. Komitmen itu dibuat pada 24 Februari 2018. Komitmen-komitmen itu mengenai permasalahan umat Islam di Sumut.

“Jadi sejauh ini, sudah dua tahun ini, masyarakat beranggapan MoU itu belum dilaksanakan. Cenderung belum dilaksanakan. Dari kelima poin sesuai MoU itu nggak kelihatan komitmen Gubsu dilaksanakan. Itulah kemarin salah satu yang dibahas, menjadi rekomendasi untuk disampaikan,” ucap Aidan.

Aidan kemudian menduga Gubsu dan Wagubsu lalai karena kesibukannya sehingga tidak menjalankan komitmen itu. Untuk itu, katanya, pihaknya akan mendesak agar komitmen itu dijalankan.

“Harapannya Pemprov komitmen dengan apa yang sudah ditandatangani. Kita berharap MoU itu tidak dikangkangi, atau dilupakan, kira-kira begitu,” tuturnya.

Aidan mengatakan pihaknya sebenarnya sudah menyurati Gubernur untuk bisa bertemu untuk menyampaikan persoalan itu. Namun karena kesibukan Gubernur, pertemuan itu belum jadi dilakukan.

Gubsu juga disebut sudah diundang untuk menghadiri Muskerwil GNPF Sumut, tapi tidak datang. Untuk itu, Aidan berharap agar Gubsu dapat menjalankan komitmen yang mereka buat bersama itu.

“Kita tidak meminta beliau memanggil kita, tapi kita cuma minta komitmen itu dilaksanakan aja,” jelasnya.

Adapun lima komitmen yang dibuat GNPF Ulama Sumut dengan pasangan Eramas sebelum Pilgubsu kemarin adalah:
1. Berkomitmen membela kepentingan Islam, Umat Islam dan Ulama
2. Berkomitmen menjaga keberadaan dan mensertifikasi masjid-masjid yang ada di Sumatera Utara secara bertahap
3. Berkomitmen membangun ekonomi Islam dengan mewujudkan perbankan syariah
4. Berkomitmen membangun Islamic Center
5. Berkomitmen menjadikan GNPF Ulama Sumut, ormas Islam, para ulama serta umat sebagai mitra strategis dalam mengelola persoalan Sumut.

***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version