Gubsu Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Corona di Sumut, Disusul Kapolda

Medan(MedanPunya) Penyuntikan vaksin Corona atau COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) dimulai. Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac.

Penyuntikan terhadap Edy dilakukan di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubsu, Medan, Kamis (14/1). Sebelum disuntik, Edy mengikuti sejumlah tes kesehatan.

Vaksin disuntikkan ke Edy pukul 10.20 WIB. Penyuntikan dilakukan tim medis Satgas COVID-19 Sumut, dr Handoyo.

Edy terlihat menggunakan kaos putih bertuliskan Indonesia. Saat disuntik, Edy terlihat menggerak-gerakkan kakinya.

Setelah Gubsu Edy, vaksin juga disuntikkan kepada Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin. Martuani juga menjalani sejumlah tes kesehatan sebelum disuntik.

Orang ketiga yang disuntik vaksin di Sumut adalah Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut (Kajatisu), Ida Bagus Nyoman Wismantanu. Sama seperti Edy dan Martuani, Edy Bagus juga menjalani sejumlah tes kesehatan sebelum disuntik.

Tim medis Satgas COVID-19 Sumut, dr Restuti, mengingatkan beberapa hal yang bisa menjadi reaksi usai disuntik vaksin. Reaksi ini, kata Restuti, kemungkinan terjadi kepada orang yang disuntik vaksin setiap penyakit.

“Reaksi lokal yaitu nyeri atau bengkak pada tempat suntikan. Reaksi sistemik bisa saja terjadi demam, bisa nyeri otot seluruh tubuh, badan lemah,” kata Restuti.

Restuti juga meminta orang-orang yang sudah disuntik untuk menunggu 30 menit di lokasi. Hal ini dilakukan untuk melihat reaksi setelah dilakukan penyuntikan.

“Kami mohon untuk tetap tinggal di tempat selama 30 menit untuk melihat reaksi setelah disuntik,” jelasnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version