Hermes Place Polonia: dari Mal Paling Hits di Medan Jadi Horor Macam ‘Kuburan’

Medan(MedanPunya) Suasana sepi tergambar jelas di gedung Hermes Place Polonia. Mal yang dulunya tempat nongkrong paling hits di Medan itu, kini berubah sepi seperti kuburan.

Tak ada lagi aktivitas di sana. Gedung megah di Jalan Monginsidi itu seolah-olah dibiarkan terbengkalai. Padahal dulu sangat ramai.

Bagi anak-anak Medan, mal yang dibuka pada 2010 silam itu menjadi referensi baru untuk gaya hidup perkotaan. Banyak tenant fashion, tempat-tempat makan kekinian, wahana air (yang sempat makan korban), ice skating hingga bioskop dibuka di sana. Kini, hanya bioskop ‘murah’ yang jadi daya tarik mal itu.

Namun kondisi itu terbalik 180 derajat sejak dua tahun belakangan. Mal yang dulunya sangat ramai, malah sepi dan terkesan horor ‘mirip kuburan’.

Menelusuri bangunan itu, Jumat (13/1) pekan lalu. Semua tenant mulai dari lantai G tak ada aktivitas. Namun, tampak properti tenant masih tersimpan di dalam outlet yang terkunci.

Kemudian, beberapa lampu di dalam gedung juga tampak ada yang tidak berfungsi normal yang kedap-kedip sehingga menimbulkan nuansa horor yang kuat.

Sementara itu, kondisi bangunan Hermes Place juga kini tampak tak terawat. Ada banyak asbes yang berlubang dan beberapa akses yang ditutup. Jika dilihat ke luar jendela, ada konstruksi gedung yang mangkrak dan rumput ilalang yang sudah tinggi di pelataran samping gedung.

Untuk akses per lantai, detikers juga harus berjalan kaki secara manual, karena eskalator tak dapat berfungsi lagi. Namun begitu, detikers masih dapat menggunakan lift yang berfungsi normal.

Hermes Place Polonia sekilas tampak tak lagi beroperasi secara total. Namun, ternyata masih ada bioskop yang beraktivitas. Saat detikSumut memasuki area bioskop, suasana horor dari luar seketika hilang.

Amatan detikSumut, masih banyak pengunjung yang datang untuk menonton bioskop yang didominasi oleh anak sekolahan. Tak heran, harga tiket bioskop hanya dipatok Rp 25 ribu (Senin-Kamis), Rp 30 ribu (Jumat), dan Rp 35 ribu (Sabtu-Minggu), termurah dari semua bioskop di Medan.

Harga tiket Hermes XXI dulunya seharga Rp 35 ribu untuk hari Senin-Kamis, namun kini harganya dibanderol murah yang banyak diminati oleh pengunjung.

“Tiket di Hermes XXI ini paling murah, saya kalau nonton ke sini sering karena harganya murah, bisa hemat ribuan rupiah,” ungkap Rida, pengunjung bioskop.

Sementara itu, ternyata ada juga pengunjung bioskop menceritakan pengalamannya saat menonton di malam hari. Ia mengaku sempat kesasar dengan pengunjung bioskop lainnya.

“Dulu pernah nonton disini kelar nonton jam sepuluh malam, kebingungan mau balik parkir motor. Ngikutin orang lain malah salah jalan, asli sepi banget,” cerita Utari Alwi.

Nah, yang ingin menonton di Hermes Place dapat parkir di area berbeda. Bagi pengguna mobil, dapat parkir di depan pelataran gedung depan. Kamu dapat menaiki lift yang tak jauh dari pintu masuk.

Sementara itu, pengguna motor dapat parkir di belakang gedung tepatnya di basement secara gratis. detikers dapat menaiki lift Hermes Convention yang tersambung langsung dengan bioskop.

Sementara itu, jika dilihat kilas baliknya, Mal Hermes Place dulunya menjadi pusat hiburan berkelas dengan adanya waterboom, kemudian sering jadi lokasi pameran mobil. Tak hanya itu, Hermes Place juga sempat menjadi arena konser dan Meet and Greet JKT 48 pada tahun 2014 lalu.

Berdasarkan sumber yang berdomisili di dekat Hermes Place, gedung ini dikabarkan sudah beralih tangan ke pihak lain. Namun, pembangunan tertunda karena pandemi COVID-19.

“Ini kabarnya udah dijual sama pemiliknya ke mal lain. Tapi masih ada kontrak ke XXI. Terus juga karena pandemi jadi belum ada pembangunan lagi ,” ujar Ane, warga setempat.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version