cache/resized/a169e5794c5351a617f5fa2480cc01f3.jpg
Beijing(MedanPunya) Citra satelit terbaru menunjukkan aktivitas China yang tengah membuat kapal ...
cache/resized/b0464be8544b45de19561aca7b0af046.jpg
Bandar Sri Begawan(MedanPunya) Pemerintah Brunei Darussalam tidak hanya memberlakukan hukuman rajam ...
cache/resized/68a55234bdb2786d58de1973a2ca422d.jpg
Washington(MedanPunya) Presiden AS Donald Trump kembali memuji kerja pasukan AS dalam memerangi ...

Medan(MedanPunya) Universitas Sumatera Utara (USU) akan menerima sebanyak 3.087 mahasiswa melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 yang pendaftarannya dibuka Senin (10/6) kemarin.

Seleksi Bersama perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional.

Humas USU Elvi Sumanti mengatakan, pendaftaran SBMPTN 2019 dimulai tanggal 10 Juni dan akan berakhir pada 24 Juni mendatang yang proses pendaftaran dilakukan secara online dan pengumuman pada 9 Juli 2019.

“SBMPTN 2019 ini USU memiliki kuota sebanyak 3.087 dan kuota tersebut sebagaimana telah diatur oleh keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti),” ujarnya, Selasa (11/6).

Ia menjelaskan, kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40 persen dari daya tampung per Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2019.

Universitas Negeri Medan (Unimed) pada SBMPTN 2019 ini juga sesuai dengan Permenristekdikti memiliki kuota 45 persen atau 3.941 mahasiswa.

“Kami hanya mempersiapkan helpdesk untuk bantuan bagi peserta yang mendapatkan kendala. Yang lain tidak ada karena kan tidak ada ujian lagi. Ujian sudah selesai di Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) kemarin,” ujar Humas Unimed M Surip.

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) pada SBMPTN 2019 ini UINSU menerima sebanyak 738 orang.

Kepala Humas UINSU Yuni Salma mengatakan, pada hari pertama pendaftaran SBMPTN berjalan lancar, tidak ada kendala sama sekali karena memang pendaftarannya melalui online dan secara nasional.

Tahap pelaksanaan SBMPTN 2019 pertama, peserta melakukan pengisian biodata melalui laman http://pendaftaran. sbmptn.ac.iddan kemudian memilih PTN dan program studi yang diinginkan.

Kemudian peserta mengunggah dokumen lainnya sesuai persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019 dan peserta mengunggah borang portofolio bagi program stydi seni dan olahraga.

Persyaratan peserta SBMPTN 2019 yaitu siswa SMA, MA, dan SMK sederajat lulusan 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah dan bagi siswa lulusan 2019 memiliki surat keterangan lulus pendidikan menengah yang memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.

Peserta memiliki nilai UTBK, memiliki kesehatan yang memadai, memiliki NISN dan bagi peserta yang memiliki program studi di bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Tujuan SBMPTN adalah menyelesi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria yang ditetapkan bersama oleh PTN.

SBMPTN juga bertujuan memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih dari satu PTN lintas wilayah dan juga memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi tujuan berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasinya.

Ketentuan umum SBMPTN 2019 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan seleksi berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.***trb/mpc/bs



  • 0 komentar
  • Baca 22 kali