cache/resized/9a84fa7c035130d22fadbbf8666b577e.jpg
Medan(MedanPunya) Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Martuani Sormin meminta semua pihak mematuhi ...
cache/resized/2b2c034cf620b2a0f357c14287c0a073.jpg
Washington(MedanPunya) Otoritas Amerika Serikat (AS) resmi mendakwa Presiden Venezuela, Nicolas ...
cache/resized/de63f0d2a22d502cee5872cc2ecad34c.jpg
MedanPunya - Menyusul ponsel orang terkaya dunia, Jeff Bezos, diretas melalui file video yang ...

Medan(MedanPunya) Wakil Ketua DPD Gerindra Sumatera Utara, Sugiat Santoso, mengatakan partainya terus berkomunikasi dengan parpol lain untuk Pilkada Medan 2020. Dia mengatakan salah satu partai yang intens diajak berkomunikasi adalah PDIP.

"Secara informal memang komunikasi kita dengan partai-partai lain walaupun kita di Gerindra 10 kursi sudah satu perahu, tapi kita tetap membangun komunikasi intens dengan partai-partai lain. Salah satunya adalah yang secara intens dengan PDIP," ujar Sugiat, Jumat (13/12).

Dia mengatakan saat ini Gerindra Sumut sedang menggelar survei internal terhadap 14 nama yang sudah mendaftar ke DPC Gerindra Medan. Sugiat menyebut hasil survei itu akan diserahkan ke DPP Gerindra pada 15 Januari 2020.

"Kalau proses, prosedurnya sekarang setelah penjaringan di tingkat DPC Partai Gerindra kemarin ada 14 nama yang daftar. Sekarang masih dalam proses survei dari 14 nama itu. Kita diberi waktu oleh DPP tanggal 15 Januari nama-nama harus sudah dibawa ke Jakarta," ucapnya.

Meski menjalin komunikasi secara intens dengan partai lain, Sugiat mengatakan keputusan akhir soal koalisi dan calon yang diusung tetap ada di tangan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Hingga kini, kata Sugiat, DPP Gerindra belum menentukan koalisi.

"Dari DPP belum, tetap menentukan adalah kalau di Gerindra Pak Prabowo sebagai dewan pembina. Belum sampai ke sana," ujar Sugiat.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto sebelumnya buka suara soal kemungkinan berkoalisi dengan Gerindra di Pilwalkot Medan 2020. Dia mengatakan hal itu akan diputuskan lewat Rakernas.

"Koalisi (di Pilwakot Medan) belum diputuskan," kata Hasto menjawab pertanyaan mengenai kemungkinan PDIP berkoalisi dengan Gerindra di Pilwakot Medan, Kamis (12/12).

"Bersamaan Rakernas ada beberapa daerah yang nantinya akan diumumkan (berkaitan dengan koalisi). Ya kita lihat," sambungnya.

Sejauh ini ada sejumlah nama yang sudah mendaftar ke Gerindra untuk mendapat dukungan di Pilkada Medan, yakni Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga hingga jubir Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak. Sementara itu di PDIP, salah satu nama yang sudah mendaftar adalah menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution.

Nama, Ihwan, Dahnil dan Bobby juga muncul dalam survei popularitas jelang Pilwalkot Medan yang dirilis City Research Center (CRC). Nama Ihwan masih berada di urutan teratas dengan angka 19,7 persen disusul Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution berada pada urutan kedua dengan 13,4 persen dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution, di angka 9,7 persen.***dtc/mpc/bs

  • 0 komentar
  • Baca 81 kali