Cetak halaman ini

Medan(MedanPunya) Masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020, PT KAI Divre I SU menyediakan 17.304 tempat duduk per hari.

Manager Humas PT KAI (Persero) Divre I SU M Ilud Siregar menjelaskan jumlah itu terdiri dari 8.664 tempat duduk untuk KA jarak jauh dan menengah serta 8.640 tempat duduk per hari untuk KA Komuter Lokal.

"Puncak arus mudik angkutan Nataru tahun 2019/2020 diprediksi Jumat (20/12) atau H-5 dan untuk arus balik diprediksi pada Hari Kamis, tanggal 2 Januari 2020 atau H+2," ujarnya.

Pada tanggal tersebut, Ilud menambahkan, termasuk long weekend bersamaan dengan cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah. Ia mengatakan, tidak ada kenaikan harga tiket KA di wilayah Divre I SU sesuai dengan tarif batas atas dan tarif batas bawah.

"Diperkirakan ada kenaikan volume penumpang sebesar 3 persen dibanding angkutan Nataru tahun lalu, yaitu dari 281.581 penumpang tahun 2018, di tahun 2019 ini diprediksi dapat mengangkut sekitar 290.427 penumpang," paparnya.

Ilud mengungkapkan, guna memberikan rasa nyaman dan aman mulai dari awal stasiun keberangkatan hingga stasiun tujuan akhir penumpang, PT KAI Divre I SU menerjunkan sebanyak 300 personil keamanan dari internal dan 38 personil gabungan dari Personil TNI dan POLRI.

"Personil keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta," tuturnya.

Mengantisipasi datangnya musim hujan yang bertepatan dengan masa Angkutan Nataru 2019/2020, KAI Divre I SU menyiapkan 70 petugas penilik jalan (PPJ)Tetap, 65 petugas PPJ Ekstra, 204 penjaga jalan lintas (PJL) Tetap, dan 95 PJL ekstra perlintasan rawan kecelakaan perlintasan sebidang dan 27 Petugas Penjaga ekstra daerah rawan dan Jembatan.

"Total 461 petugas disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA serta penempatan Alat Material untuk Siaga (AMUS) di sekitar lintas Divre I SU guna mengatasi apabila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa (PLH) yang menghambat perjalanan KA," katanya.

Melalui Ilud, KAI Divre I SU mengimbau kepada calon penumpang untuk memastikan kembali nama dan tanda pengenal harus sesuai dengan yang bepergian.

"Cek kembali hari serta tanggal keberangkatan KA yang dipilih. Penumpang juga kita imbau tidak memakai perhiasan yang mencolok guna keamanan selama perjalanan. Serta mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tetap mematuhi peraturan dan rambu-rambu di pelintasan," katanya.

Sesuai dengan UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) yang menyebutkan bahwa perjalanan KA mendapat prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya.

"Dengan kerja sama yang baik dan saling mendukung antara PT KAI dan masyarakat, perjalanan kereta api yang aman, lancar, terkendali dan zero accident pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020 di wilayah Divre I SU dapat terwujud," tutupnya.***trb/mpc/bs



  • 0 komentar
  • Baca 105 kali