Jabatan Direksi BUMD Kota Medan Kosong, Sekda Sebut Sudah Ajukan Nama-nama Plt Direksi

Medan(MedanPunya) Masa jabatan direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Medan telah habis pada Sabtu 9 Januari 2021 yang lalu.

Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Badan Pengawas (Banwas) BUMD Kota Medan Wiriya Al Rahman membenarkan bahwa saat ini jabatan direksi Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar, PUD Pembangunan dan PUD Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Medan tengah kosong.

“Mereka (para direksi PUD Kota Medan) memang sudah habis masa jabatannya kemarin,” ucap Wiriya.

Dikatakan Wiriya, pihaknya di Banwas BUMD Kota Medan sudah mengajukan nama-nama yang akan ditunjuk sebagai masing-masing Plt Direksi ketiga BUMD tersebut.

“Sudah kita sampaikan ke Pak Plt Wali Kota untuk ditandatangani SK (penunjukan) para Plt Direksinya. Sebab nantinya, para Plt Direksi itulah yang akan bertanggungjawab dalam menjalankan masing-masing PUD yang dipimpinannya,” ujarnya.

Terkait nama-nama yang akan ditunjuk sebagai Plt Direksi pada ketiga BUMD tersebut, Wiriya mengaku tidak mengetahuinya.

“Gak tahu, kita lihat saja nanti setelah ditandatangani Pak Plt Wali Kota,” jawabnya.

Ketua DPRD Medan, Hasyim, mendesak Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution menunjuk Plt Direksi BUMD yang telah berakhir masa jabatannya.

“Agar organisasi dapat berjalan perlu dilakukan penunjukan, minimal Plt, cuma itu kan kewenangan Pemko Medan dalam hal ini kepala daerah,” ujar Hasyim.

Dia menilai akan muncul sejumlah masalah apabila jajaran direksi Perusahaan Umum Daerah (PUD) dibiarkan kosong.

Untuk itu, Hasyim meminta agar Pemko Medan mempercepat proses penunjukan pejabat direksi.

“Supaya proses dari perusahaan daerah biar bisa berjalan kita minta dipercepat, kami desak Pemko Medan menunjuk Plt direksi dari masing-masing perusahaan daerah supaya organisasi bisa berjalan,” tambahnya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP ini meyakini perusahaan daerah akan stagnan ketika tidak ada pimpinan, roda organisasi juga tidak akan berjalan.

“Kalau satu perusahaan tidak ada pimpinan maka akan stagnan, kita jangan sampai stagnan. Ini masih awal tahun, kita minta segera ditunjuk. Seperti mengisi kekosongan,” pungkasnya.***trb/mpc/bs

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version