Jelang Nataru Kualanamu Catat 20 Ribu Penumpang Harian

Medan(MedanPunya) Geliat penumpang pesawat melalui Bandara Kualanamu mulai meningkat jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Jumlah penumpang harian pun meningkat, namun puncaknya lonjakan penumpang diprediksi H-1 Natal.

Pada Desember ini, Bandara Kualanamu mencatat sekitar 19 ribu-20 ribu kunjungan atau penumpang per hari. “Kalau sebelumnya itu masih di angka 15 ribuan penumpang, sekarang sudah ada peningkatan 19 ribu-20 ribu orang per harinya. Sejauh ini masih stabil,” ungkap Head Of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur, Selasa (13/12).

Dikatakan Deddy, peningkatan signifikan nantinya akan mulai tampak jelang H-1 natal dan mendekati tahun baru.

“Jelang dua minggu belum ada peningkatan yang signifikan. Peak seasonnya itu H-1 sebelum Natal, perkiraan itu 188 penerbangan dengan jumlah penumpang 25.573 orang dan arus balik H+1 setelah Tahun Baru dengan 186 penerbangan atau penumpang 20.088 penumpang ,” ujarnya.

Dedy juga menyebutkan, saat ini sudah ada maskapai yang menambahkan jadwal penerbangan ekstra untuk mengatasi lonjakan penumpang.

“Kalau Kualanamu saat ini jadwal penerbangannya masih reguler. Nah untuk Nataru ini baru satu penerbangan yang mengajukan extra flight yaitu maskapai Garuda. Satu hari satu kali tujuan Bandara Soekarno-Hatta. Kalau maskapai lain, sejauh ini kami belum menerima permintaan extra flight,” tutur Dedy.

Sementara itu, Deddy menyebutkan wisatawan mancanegara (wisman) yang melakukan penerbangan melalui Bandara Kualanamu juga masih didominasi dari Asia.

“Sejauh ini yang tercatat di kami masih dari kawasan Asia. Kalau dari Eropa belum ada peningkatan signifikan. Kalau dari Sumut itu ke Penang untuk berobat lah,” kata Dedy.

Sementara itu, jika dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, peningkatan penumpang domestik berangkat dari Sumut juga sudah terlihat sejak Oktober 2022 sebanyak 189.447 penumpang. Jumlah ini naik 5,5 persen dibanding bulan sebelumnya sebanyak 179.483 penumpang.

Hal serupa juga terlihat dari penumpang domestik yang ke Sumut pada Oktober 2022 sebanyak 200.496 penumpang, naik 6,68 persen dibanding bulan sebelumnya sebanyak 187.941 penumpang.

“Ini patut kita syukuri angkutan udara sudah mulai meningkat dengan sangat signifikan,” ucap Kepala BPS Sumut Nurul Hasanudin.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version